Sukabumi Update

Waspada! Penipuan Baru Berkedok Undangan Nikah di WA, Bisa Bobol M-Banking

Waspada Penipuan Undangan Nikah di WA (Sumber : Alfons Tanujaya)

SUKABUMIUPDATE.com - Modus baru penipuan menggunakan undangan nikah palsu melalui pesan di WhatsApp yang harus diwaspadai oleh warga Sukabumi.

Modus penipuan menggunakan undangan nikah di WA tersebut diunggah oleh akun Facebook Alfons Tanujaya ahli keamanan siber dari Vaksincom, pada Jumat, 27 Januari 2023.

Dalam foto hasil tangkapan layar berupa isi chat modus penipuan undangan nikah yang dibagikan oleh Alfons di Facebook tersebut menunjukan jika nomor tidak dikenal mengirimkan sebuah file APK atau instal sebuah aplikasi.

Baca Juga: Sebut Janggal! Keluarga Ungkap Kondisinya, Mayat Wanita di Sungai Cipelang Sukabumi

Sementara itu pada bulan Desember 2022 lalu juga pernah ada modus penipuan APK yang mengatasnamakan salah satu perusahaan logistik yaitu J&T.

Yang mana pelaku akan mengarahkan korban untuk membuka file APK tersebut dan menginstalnya. 

Selanjutnya, saat di instal aplikasi itu akan meminta akses melalui SMS yang kemudian pelaku dapat menginstal aplikasi M-Banking.

Kirim File APK 'bodong' Demi Mendapatkan Kode OTP

Penipuan Kurir yang Pernah Viral 2022 LaluPenipuan Kurir yang Pernah Viral 2022 Lalu

Penting untuk diketahui warga Sukabumi, jika pelaku penipuan tersebut sebelumnya sudah memegang username, kata sandi M-Banking, beserta nomor WhatsApp korban.

Dan berlaku hanya membutuhkan kode OTP untuk memiliki akses m-banking sepenuhnya.

Kemudian, setelah korban menginstal aplikasi yang ada pada pesan WA tersebut, pelaku akan menginstal aplikasi m-banking pada posen miliknya.

Bahayanya jika aplikasi m-banking di posen pelaku meminta kode OTP yang dikirimkan pada ponsel korban, pelaku dapat mengakses SMS tersebut melalui aplikasi undangan nikah palsu tersebut dan dia sepenuhnya bisa mengakses m-banking kamu.

Nah untuk warga Sukabumi, wajib waspada jika mendapatkan pesan undangan pernikahan dari nomor tidak dikenal ya!

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERKAIT