Sukabumi Update

60 Menit/Hari, Batas Waktu Pemakaian Headphone yang Aman

Ilustrasi. Mendengarkan Musik | 60 Menit/Hari, Batas Waktu Pemakaian Headphone yang Aman (Sumber : pixabay.com/@PublicDomainPictures)

SUKABUMIUPDATE.com - Headphone adalah sepasang driver loudspeaker kecil yang dikenakan di atau di sekitar kepala, tepatnya pada telinga pengguna.

Headphone adalah transduser elektroakustik yang berfungsi mengubah sinyal listrik menjadi suara yang sesuai.

Headphone menjadi salah satu barang yang wajib dibawa bagi sebagian orang. Saat ini, setiap orang yang naik kendaraan umum bahkan terlihat menempelkan headphone di telinganya.

Baca Juga: 13 Cara Membentuk Mental yang Kuat, Ciri Seseorang Profesional dalam Hidup

Oleh karena headphone kini menjadi kebutuhan sekunder, maka batas waktu pemakaiannya harus diperhatikan. Ini penting agar tidak membahayakan kesehatan indra pendengaran.

Batas Waktu Pemakaian Headphone

Melansir dari laman Health Harvard via Suara.com, pengguna sebaiknya tidak menggunakan headphone lebih dari enam puluh menit atau satu jam per hari.

Selain waktu, volume saat menggunakan headset pun harus diperhatikan. Pengguna headphone dianjurkan untuk mendengarkan musik melalui headset dengan volume tidak lebih dari 60% volume maksimal.

Batasan menggunakan headphone sebaiknya diterapkan karena telinga sebenarnya hanya dibatasi untuk mendengar suara pada 80 dB. Sementara penggunaan headphone bisa mencapai 120 dB.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Topik Ngobrol dengan Orang Introvert, Coba Pertanyaan Filosofis

Angka tersebut memiliki selisih sekitar 40 dB, artinya jika melebihi ambang batas dengar, kerusakan pada telinga bisa menjadi lebih besar. Pasalnya, telinga manusia hanya mampu menahan kekuatan suara 120 dB selama 5–7 menit saja.

Aturan menggunakan headphone agar tetap aman

Indra pendengaran bisa mudah rusak karena adanya paparan suara musik yang berlebihan dari penggunaan headphone yang terlalu lama. Sebagai upaya pencegahan, beberapa hal yang bisa dilakukan saat menggunakan headphone, diantaranya:

Pilih headphone dengan kemampuan meredam suara dari luar sehingga bisa mendengarkan dengan volume yang lebih rendah.

Berilah waktu telinga untuk beristirahat usai menggunakan headphone dalam jangka waktu yang lama. Contohnya saat baru saja mengikuti meeting online.

Baca Juga: 9 Doa Pembuka Aura Wajah Agar Cerah Bercahaya dan Dicintai Orang

Bawa penutup telinga saat datang ke sebuah tempat yang banyak dikelilingi suara kencang seperti pabrik atau konser.

Bicarakan pada dokter jika mulai merasakan sesuatu yang mengganggu telinga.

Apabila telinga mulai terasa berdenging, muncul suara teredam, atau mengalami penurunan kemampuan pendengaran, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter.

Demikian informasi mengenai batas waktu pemakaian headphone. Meskipun terasa menyenangkan sampai sering membuat lupa waktu, jangan sampai kebiasaan menggunakan headphone tersebut membuat Updaters harus memeriksakan diri ke dokter, ya!

Sumber: Suara.com/Hillary Sekar Pawestri

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT