Sukabumi Update

4 Cara Bijak Menangani Smartphone Tak Terpakai, Jangan Asal Buang!

Limbah smartphone yang akan didaur ulang | Foto : freepik.com

SUKABUMIUPDATE.com - Smartphone merupakan gadget yang dimiliki oleh hampir setiap orang di zaman sekarang, karena fiturnya canggih dan membantu pekerjaan.

Meskipun smartphone memiliki fitur canggih, namun karena munculnya inovasi-inovasi baru maka akan ada sejumlah smartphone yang terbilang usang dan tidak digunakan lagi.

Smartphone yang tidak lagi terpakai sangat tidak sarankan dibuang begitu saja karena terkandung sejumlah bahan kimia tertentu yang bisa mencemari lingkungan.

Dilansir dari gizmogrind.com, berikut ini empat cara bijak menangani smartphone yang sudah tidak terpakai lagi.

Baca Juga: Peresmian Pabrik Pupuk Batubara di Riau, Komitmen Ayep Zaki Bidang Pertanian

1. Dijual

Smartphone yang tidak lagi terpakai lebih baik dijual daripada dibuang begitu saja. Meskipun fitur di dalamnya sudah usang, namun ada orang lain yang masih membutuhkannya untuk kebutuhan lain.

Menjual smartphone yang tidak lagi terpakai bisa dilakukan secara offline maupun online. Hasil dari penjualan ini bisa menambah uang saku.

2. Tukar Tambah

Cara selanjutnya menangani smartphone yang tidak lagi terpakai adalah melakukan tukar tambah. Cara ini sudah umum tersedia di konter HP.

Tukar tambah disini maksudnya adalah pengguna bisa memberikan smartphone yang tidak terpakai serta tambahan uang untuk ditukar dengan smartphone baru yang diinginkan.

Baca Juga: Raup Ratusan Juta dari Kredit Fiktif, Pegawai Pegadaian Sukabumi Jadi Tersangka

3. Didonasikan

Smartphone yang tidak lagi terpakai bisa diberikan atau didonasikan kepada orang lain. Cara ini bisa dilakukan bilamana smartphone lama tidak lagi laku dijual.

Masih ada orang yang menggunakan smartphone lama hanya untuk komunikasi dasar seperti SMS dan telepon, atau digunakan untuk bahan eksperimen software dan hardware.

4. Disalurkan ke pendaur ulang

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menangani smartphone yang tidak lagi terpakai adalah menyalurkannya ke pihak pendaur ulang.

Seperti diketahui, komponen smartphone mengandung sejumlah bahan kimia tertentu yang bisa mencemari lingkungan, namun bisa diolah kembali menjadi produk lain.

Baca Juga: Tak Hanya Fisik, Polusi Udara Berdampak Buruk Pada Kesehatan Mental!

Maka dari itu, memberikan smartphone yang sudah usang kepada pihak pendaur ulang menjadi salah satu cara paling bijak.

Penulis: Aidil F

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT