Sukabumi Update

Jubir Meta Minta Maaf Usai Platform Facebook, Instagram dan Threads Alami Down

Facebook dan Instagram mengalami down atau tidak bisa diakses oleh banyak pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia, pada Selasa, 5 Maret 2024 malam. | (Sumber : Freepik.com/rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Facebook dan Instagram, beserta platform lain di bawah naungan Meta, mengalami gangguan (down) pada Selasa malam, 5 Maret 2024. Gangguan ini dialami oleh pengguna di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Menurut laporan dari berbagai sumber, pengguna mengalami kesulitan untuk login ke platform, memuat halaman, menggunakan fitur-fitur lainnya hingga keluar dari akun pribadinya.

Aplikasi dibawah naungan Meta hampir semuanya mengalami down sekitar dua jam. Pihak Meta selaku perusahaan induk Facebook dan Instagram, telah mengakui adanya masalah tersebut.

Baca Juga: Sempat Tidak Bisa Diakses, Instagram dan Facebook Kembali Normal

Mereka menyatakan sedang berusaha untuk memulihkan layanan secepatnya. Laporan mengenai Downdetector melonjak dengan cepat pada ketiga platform tersebut, sementara pelacak jaringan NetBlocks mencatat dampak global dari masalah ini.

Namun, WhatsApp tampaknya tidak terpengaruh dan tetap berfungsi.

“Kami mengetahui adanya masalah yang berdampak pada Login Facebook. Tim teknik kami secara aktif berupaya menyelesaikan masalah ini secepat mungkin,” tulis perusahaan dilansir dari laman The Verge, Rabu (6/3/2024), dikutip dari Suara.com.

Pada pukul 12:07 malam ET, halaman status mengatakan Meta sedang “memulihkan dari pemadaman sebelumnya yang berdampak pada Login Facebook, dan layanan sedang dalam proses pemulihan.”

Baca Juga: Media Sosial Instagram dan Facebook, Tidak Bisa Diakses

Kepala komunikasi Meta Andy Stone ke X, pesaing utama Threads, dengan mengatakan bahwa perusahaan tersebut sadar bahwa orang-orang mengalami kesulitan dalam mengakses layanan mereka.

Stone sejak itu memosting pembaruan di X untuk meminta maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh masalah teknis yang menghalangi orang untuk masuk ke layanan Meta.

“Sebelumnya hari ini, ada masalah teknis yang menyebabkan orang kesulitan mengakses beberapa layanan kami. Kami menyelesaikan masalah ini secepat mungkin untuk semua orang yang terkena dampaknya, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” tulis Andy Stone.

Pemadaman pada hari Selasa mengingatkan kita pada pemadaman Meta serupa yang terjadi pada 2021.

Kala itu, ada masalah konfigurasi membuat akses ke Facebook, Instagram, dan WhatsApp terhenti selama beberapa jam.

Kini, ketiga layanan tersebut sudah kembali aktif.

Sumber: Suara.com

Editor : Ikbal Juliansyah

Tags :
BERITA TERKAIT