Sukabumi Update

Bisa Temukan HP Hilang Meski Kondisi Mati, Inilah Fitur Baru Android 15

Ilustrasi. Salah satu fitur baru Android 15 adalah bisa menemukan HP yang hilang meski perangkat dalam kondisi mati | Foto: Unplash/Denny Müller

SUKABUMIUPDATE.com - Android menjadi sistem operasi (OS) banyak perangkat smartphone. OS ini memiliki banyak sekali fitur-fitur canggih yang bisa memanjakan pengguna.

Salah satu fitur yang dimiliki Android adalah sistem Temukan Perangkat Saya dari Google. Namun, fitur ini memiliki keterbatasan terutama saat perangkat tidak terhubung.

Dilansir dari Suara.com, merujuk Gizmochina, Senin (18/3/2024), semua ini akan berubah dengan hadirnya Android 15.

Baca Juga: HP Xiaomi 14 Leica Bakal Rilis 26 Maret di Indonesia, Ini 3 Hal Menarik Ponsel Tersebut

Google bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan memperkenalkan Powered Off Finding API yang baru.
Laporan terbaru dari Android Police menjelaskan bagaimana API dapat membantu menemukan lokasi perangkat bahkan ketika hp dimatikan.

Pada dasarnya, sistem ini bekerja dengan menyimpan suar Bluetooth yang telah dihitung sebelumnya di dalam memori pengontrol Bluetooth.

Namun, ada kendalanya, yakni perangkat keras khusus diperlukan agar perangkat dapat memberi daya pada pengontrol Bluetooth, sehingga dapat berfungsi bahkan ketika hp benar-benar mati.

Oleh karena itu, mungkin diperlukan sedikit cadangan baterai agar fitur ini dapat beroperasi.

Baca Juga: Kameranya Cocok Buat yang Suka Foto-foto, Spesifikasi HP Samsung Galaxy A35 5G di Indonesia

Meskipun rumor awal menyebutkan bahwa fitur ini mungkin akan debut pada Pixel 9, laporan Android Police kini menunjukkan bahwa Pixel 8 juga dapat memanfaatkannya saat memperbarui ke Android 15.

Selain persyaratan perangkat keras, upaya rekayasa perangkat lunak yang signifikan juga diperlukan untuk mendukung Bluetooth Finder HAL (Hardware abstraction layer).

Pengguna juga harus memastikan bahwa mereka telah memperbarui ke Android 15 dan memiliki sistem Temukan Perangkat Saya Google versi terbaru.

Sayangnya, perangkat lama seperti seri Pixel Fold, seri Pixel 7, dan seri Pixel 6 cenderung tidak menerima fungsi ini.

Baca Juga: 12 Rekomendasi HP Tecno Edisi Maret 2024, Murah Tapi Spek Gahar

Tidak jelas apakah perangkat ini tidak memiliki perangkat keras yang diperlukan atau apakah batasan tersebut murni berbasis perangkat lunak.

Namun, ada kemungkinan fitur ini dapat diperluas ke perangkat lama tertentu di masa mendatang, terutama untuk model kelas atas terkini seperti Pixel Fold.

Belum ada informasi jika fitur baru ini akan hadir di perangkat lain, selain Pixel.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT