Sukabumi Update

Waspada! Beredar Ponsel Palsu Samsung dan Huawei, Dijual di Toko Online

SUKABUMIUPDATE.com - Ponsel palsu masih jadi persoalan hingga kini, karena pelakunya makin sulit ditangani. Dilansir dari suara.com, pasalnya oknum pelakuknya banyak memakai cara untuk melakukan prakter pemalsuan.

Yang terbaru, ponsel palsu dari brand Samsung dan Huawei dilaporkan dijual sejumlah oknum di AliExpress.

Adalah sebuah perusahaan bernama Kimtien yang diketahui menjual ponsel palsu bermerek Samsung dan Huawei di website retail AliExpress.

Beberapa perangkat ponsel yang dijual dari keluarga Samsung adalah Samsung Galaxy Note 10 Plus. Cukup cerdik, Kimtien mengubah nama perangkat tersebut menjadi Kimtien Note Plus.

Secara spesifikasi dan bentuk, Kimtien Note Plus ini memiliki tampilan yang sangat mirip dengan perangkat anyar keluaran Samsung, Samsung Galaxy Note 10 Plus.

Melansir dari Gizmochina, ponsel palsu ini terasa lebih menarik karena dibanderol dengan harga yang relatif murah dari perangkat anyarnya.

Berdasarkan harga yang dipampang, deretan ponsel palsu ini dijual dengan harga seperlima atau bahkan 20 persen dari produk aslinya.

Penyebab harga ponsel palsu ini jauh lebih murah karena bahan yang digunakan untuk membuat perangkat serta spesifikasinya yang jauh lebih rendah dari ponsel asli.

Contohnya, jika Samsung Galaxy Note 10 Plus mengandalkan chipset Snapdragon 855 dari Qualcomm, ponsel palsu Kimtien ini mengandalkan chipset dari keluarga MediaTek.

Selain Samsung, Huawei juga kena imbas dari aksi pemalsuan ponsel ini. Salah satu perangkat Huawei yang dipalsukan adalah Huawei Mate 30 Series.

Cukup meresahkan, penyelidikan mengenai ponsel palsu yang muncul di AliExpress ini segera dilakukan penanganannya.

Namun yang pasti, produk ponsel palsu ini berasal dari Tiongkok dan kemungkinan merupakan perusahaan yang berasal dari salah satu negara di Asia Tenggara.

Tidak diketahui dengan pasti mengenai apa yang akan AliExpress lakukan untuk penanganan ponsel palsu di situsnya ini. Lebih lanjut, perlu ada kewaspadaan yang tinggi bagi calon pembeli sebelum kemudian membeli perangkat ponsel di AliExpress.

 

Sumber : suara.com

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI