Sukabumi Update

Fitur AR Google Ini Bantu Physical Distancing Saat New Normal

SUKABUMIUPDATE.com - Selain mengenakan masker dan sering mencuci tangan, protokol kesehatan lain di masa krisis pandemi Covid-19 saat ini adalah menjaga jarak fisik atau physical distancing. Dilansir dari tempo.co, untuk konsisten menjalani protokol yang ketiga di masa new normal nanti--saat lockdown ataupun pembatasan sosial berskala besar sudah dicabut sepenuhnya, Google punya alat bantu yang disebut Sodar.

Sodar adalah fitur augmented reality baru yang mampu menciptakan visualisasi posisi beradius dua meter dari pengguna menggunakan layar ponselnya. Dikutip dari The Verge, Minggu 31 Mei 2020, untuk menggunakan fitur ini tidak diperlukan atau mengunduh aplikasi khusus

Sodar bisa berfungsi dengan peramban web Chrome pada perangkat iOS atau Android, meski tidak semua. Dari uji coba The Verge diketahui bahwa Sodar dapat digunakan Samsung Galaxy S20. Menurut The Verge, Sodar tidak selalu persis menghitung jarak 2 meter, namun bisa sedikit kurang, yakni sekitar 1,8 meter.

Saat Antara mencobanya menggunakan iPhone 7, fitur yang sama tak bisa difungsikan. Sodar malah dapat bekerja di beberapa ponsel Android seri menengah, dengan terlebih dahulu memperbarui aplikasi Chrome kemudian menginstal layanan Google Play untuk AR.

Yang jelas, jika ponsel bisa digunakan untuk visualisasi augmeted reality lain dari Google seperti aneka satwa tiga dimensi yang juga tengah populer, ponsel yang sama bisa menampilkan Sodar.

Sodar adalah termasuk proyek bertajuk Experiments with Google. Fitur AR ini diperkenalkan akun Experiments with Google di Twitter pada 28 Mei 2020.

 

Sumber : tempo.co

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI