Sukabumi Update

Samsung Juarai Produksi Smartphone Kuartal Pertama Tahun Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Raksasa teknologi Korea Selatan, Samsung Electronic Co diperkirakan akan kembali merebut posisi nomor satu sebagai produsen smartphone dunia pada kuartal pertama tahun ini setelah mereka merilis produk terbarunya.

TrendForce, lembaga peneliti pasar mengatakan pada periode Januari-Maret 2021, Samsung memproduksi 62 juta smartphone atau 18,1 persen produksi global.

"Memasuki kuartal pertama 2021, Samsung merilis jajaran baru seri Galaxy S21 andalannya terlebih dulu untuk mempertahankan pangsa pasarnya di segmen kelas atas," kata TrendForce.

Pada saat yang sama, Samsung juga mengadopsi harga promosi untuk meningkatkan penjualan perangkat terbarunya. Langkah Samsung terakhir inilah yang kemungkinan menjadi pendorong peningkatan produksi.

photoSamsung berhasil mengalahkan Apple dalam memproduksi smartphone pada kuartal pertama tahun ini. - (Pixabay)

Sementara Apple Inc diperkirakan turun ke posisi kedua dengan produksi 54 juta unit atau 15,8 persen produksi global dalam tiga bulan pertama 2021. Padahal pada kuartal pertama tahun lalu Apple Inc memproduksi 77,6 juta unit iPhone, mengalahkan Samsung yang saat itu memproduksi 67 juta unit.

Xiaomi Corp, raksasa teknologi China diproyeksikan menjadi produsen smartphone global ketiga pada kuartal pertama 2021 dengan pangsa pasar 15,2 persen.

Kemudian Oppo, yang mencakup perangkat OnePlus dan Realme, diperkirakan berada di posisi empat dengan pangsa 15,1 persen. Berikutnya adalah Huawei Technologies Co dengan pangsa 7,7 persen.

Secara keseluruhan, produksi smartphone global akan mencapai 342 juta unit pada kuartal pertama 2021 atau naik 25 persen dibanding periode sama tahun lalu.

TrendForce juga memperkirakan terjadinya penurunan dari satu kuartal ke kuartal lain sebesar enam persen sepanjang tahun ini.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI