Sukabumi Update

Bagaimana Cara Tepat Menolong Orang Hanyut di Sungai? Simak Tips Berikut

SUKABUMIUPDATE.com - Emmeril Khan Mumtadz, Putra Ridwan Kamil yang hanyut di Sungai Aare, Swiss pada Kamis (26/5/2022) diketahui sedang berenang dengan adik dan temannya.

Namun, Emmeril Khan justru terseret arus sungai yang cukup deras ketika hendak naik ke permukaan.

Eril sendiri sempat ditolong oleh sang teman dengan ditarik tangannya. Namun beberapa saat kemudian, Eril kembali terbawa arus dan dinyatakan hilang.

Baca Juga :

Mengutip dari Suara.com, menurut Adhi Nugroho Pelatih Safety Rescue Renang, menolong rekan yang sedang terseret arus sungai secara langsung dengan menyelam kembali memang lebih berisiko.

"Berenang di sungai dan menepi ke permukaan aja sudah sulit kalau seorang diri. Apalagi, berenang di sungai sambil membawa (menolong) orang lain untuk naik ke tepi lebih sulit," kata Adhi Nugroho ketika dihubungi oleh Suara.com, Jumat (27/5/2022).

photo(Ilustrasi) tenggelam. - (Istimewa)</span

Pertolongan paling umum yang bisa dilakukan ada melemparkan pelampung untuk dijangkau atau diraih orang yang sedang terseret arus sungai.

Anda bisa saja menolong orang yang sedang hanyut dengan cara berenang kembali untuk menghampirinya. Tapi, pastikan tubuh Anda terikat dengan tali pelampung agar tidak ikut terhanyut.

"Itu pertolongan umum yang bisa dilakukan saat ada rekan yang terseret arus sungai," kata Adhi.

Selebihnya, Anda juga bisa meminta bantuan tim penjaga setempat, tim SAR atau semacamnya ketika kejadian.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI