Sukabumi Update

Diperingati Setiap 1 Juni, Ini Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak hari bersejarah bagi bangsa Indonesia salah satunya yaitu Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni. Pada tahun ini sendiri Hari Lahir Pancasila akan jatuh pada Rabu 1 Juni 2022.

Sebagai warga Indonesia, ada baiknya kita tidak hanya memperingati Hari Lahir Pancasila. Namun kita juga sebaiknya merenungi dan mengingat kembali sejarah dan makna Hari Lahir Pancasila.

Mengutip dari Suara.com, sejarah Hari Lahir Pancasila dimulai dari kekalahan pada Perang Asia Timur Raya.

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), dibentuk untuk menyelidiki hal-hal yang penting sekaligus juga menyusun rencana mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga :

Secara garis besar BPUPKI dibentuk untuk mengadakan sidang yang membahas mengenai tema dasar negara, tanggal 29 Mei 1945 yang diadakan di Gedung Chuo Sangi in. Sekarang menjadi gedung Pancasila.

Pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan gagasannya terkait dasar negara Indonesia, yang dinamai “Pancasila”. Panca sendiri memiliki arti lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas.

photo(Ilustrasi) Ada banyak hari bersejarah bagi bangsa Indonesia salah satunya yaitu Hari Lahir Pancasila. - (Pixabay)</span

Tujuan dari lahirnya Pancasila itu sendiri agar dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan Indonesia serta menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas dan juga kewajiban.

Sementara itu, menurut Soekarno makna dari Pancasila itu merupakan jiwa Indonesia. Pancasila tidak hanya sebagai dasar negara, melainkan juga falsafah hidup untuk seluruh warga negara Indonesia.

Untuk diketahui, sebelumnya 1 Juni sebagai hari tercetusnya kelahiran Pancasila tidak diperingati sebagai hari libur nasional.

Akan tetapi, sejak diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, hari yang dianggap penting dan penuh sejarah  ini pun dijadikan sebagai hari libur nasional.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI