Sukabumi Update

Kota Sukabumi Usulkan Bahasa Widal hingga Mochi Jadi Warisan Budaya Dunia

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi mengusulkan Gotong Sisik, Gotong Lisung dan Bahasa Widal sebagai Warisan Budaya Dunia atau WBTB (warisan budaya tak benda) termasuk Mochi yang telah lulus kurasi oleh tim Jawa Barat.

Dilansir dari web resmi Pemerintah Kota Sukabumi, Disdikbud melalui Bidang Kebudayaan menggelar rapat koordinasi pengusulan WBTB, Selasa, 7 Juni 2022. 

Baca Juga :

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud, Rita Handayani, mengatakan rapat yang menghadirkan pihak yang berkompeten membahas mengenai pengusulan objek WBTB itu.

Lebih lanjut, Rita menjelaskan untuk meraih status WBTB, setiap objek harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh UNESCO. 

photoDisdikbud melalui Bidang Kebudayaan menggelar rapat koordinasi pengusulan WBTB, Selasa, 7 Juni 2022. - (Portal Permkot Sukabumi)</span

Maka dari itu, keterlibatan para ahli dalam pengusulan ini adalah untuk mengatasi kendala dalam pengajuan WBTB seperti kurangnya kajian maupun catatan mengenai objek yang diusulkan.

Penetapan WBTB, seperti dijelaskan oleh Kepala Bidang Kebudayaan adalah sebuah strategi Pemerintah untuk melestarikan kebudayaan, sekaligus mengenalkan potensi Kota Sukabumi secara luas.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI