Sukabumi Update

Ternyata Lebih Bahagia, 5 Kota di Indonesia dengan Jumlah Freelancers Terbanyak

SUKABUMIUPDATE.com - Bank Dunia mencatat pertumbuhan pelaku freelancers atau pekerja lepas mencapai 30 persen setiap tahunnya, dengan dominasi segmentasi usia 18 hingga 44 tahun. Definisi sederhananya pekerja lepas adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada majikan dalam jangka panjang.

Penelitian School of Business University of Brighton pun menyatakan bahwa 97 persen pekerja lepas lebih bahagia daripada pekerja kantoran. Tren yang sama ternyata terjadi di Indonesia.

Badan Pusat Statistik mencatat, 33,34 juta orang bekerja sebagai freelancer dan small business owners hingga Agustus 2020. Angka tersebut naik 4,32 juta orang atau 26 persen dari tahun sebelumnya.

Melihat tingginya tren pekerja lepas, ternyata selaras dengan sebaran pekerja nomad - entah itu warga lokal atau pendatang, di berbagai kota di Indonesia.

Mengutip dari platform e-commerce yang membantu solopreneur -Solos dari suara.com, berikut lima kota Indonesia dengan jumlah pekerja lepas terbanyak.

1. Bandung

Suasana kota urban yang sejuk dan banyaknya pilihan café menarik dengan harga yang terjangkau menjadikan Bandung kota favorit untuk para freelancers untuk berkarya.

2. Jakarta

Kota Metropolitan ini menawarkan banyak kesempatan pekerjaan freelance sehingga banyak juga pekerja kantoran yang juga ikut freelance di akhir pekan.

3. Surabaya

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia Surabaya memberikan banyak kesempatan pekerjaan menjanjikan dan suasa kota yang tertib dan rapi bikin para freelancers betah tinggal di sini.

4. Bekasi

Ternyata Bekasi itu menjadi kota pilihan bisnis-bisnis baru untuk mendirikan kantornya sehingga di Bekasi kesempatan kerjanya sangat berkembang dan kota ini menawarkan biaya hidup yang terjangkau.

5. Bali

Bali adalah surga bagi freelancers yang menginginkan keseimbangan hidup. Bali menyediakan banyak aktivitas seru untuk freelancer seperti surfing, yoga, diving, dan gardening. Apa lagi kini ada banyak co-working space dan hunian terjangkau dengan nuansa yang beragam.

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI