Sukabumi Update

Jangan Dilewatkan! 5 Amalan Sunnah Sebelum dan Sesudah Shalat Idul Adha

SUKABUMIUPDATE.com - Saat merayakan Hari Raya Idul Adha, ada beberapa amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan sebelum dan setelah melaksanakan shalat ied.

Pelaksanaan ibadah sholat Idul Adha bisa dikerjakan secara sendiri atau berjamaah di masjid maupun di tanah lapang. Jika amalan sunnah tersebut dilakukan tentu akan mendatangkan pahala bagi yang mengerjakannya.

Melansir dari Suara.com, berikut beberapa amalan sunnah yang sebaiknya dilakukan.

Baca Juga :

1. Mandi Sebelum Sholat

Umat muslim yang melaksanakan sholat Idul Adha disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu. Umat muslim juga dapat melakukan mandi wajib atau mandi keramas untuk menghapus hadas besar dan hadas kecil. 

Diriwayatkan dari Ibnu Majah, “Bahwa Rasulullah SAW mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha”. Adapun bacaan niat mandi wajib Idul Adha sebagai berikut:

“Nawaitu wusla li'aydil adh-ha sunnatan lillahi ta'ala”

Artinya: "Aku berniat mandi untuk menghadiri sholat Idul Adha sunnah karena Allah ta'ala."

2. Gunakan Wewangian dan Pakaian Terbaik

Dalam beberapa riwayat hadits menyatakan bahwa Rasulullah SAW mengenakan wewangian dan pakaian terbaik saat hendak berangkat sholat Idul Fitri maupun Idul Adha. Dari Jabir bin Abdillah ra, "Rasulullah SAW mempunyai jubah sangat bagus yang selalu beliau pakai pada dua hari raya dan hari Jumat." (HR. Ibnu Abdil Bar dan Ibnu Khuzaimah).

Sementara itu ada riwayat Al Hakim, dari Al Hasan bin Ali ra, beliau berkata, "Rasulullah SAW menyuruh kami agar memakai pakaian terbaik dan wewangian terbaik yang kamu miliki pada dua hari raya." (HR. Al-Hakim).

photo(Ilustrasi) Idul Adha - (Freepik)</span

3. Melewati Jalan Berbeda Saat Berangkat dan Pulang

Rasulullah SAW selalu membedakan jalan berangkat dan pulang saat melaksanakan sholat Idul Fitri dan Idul Adha. Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Muhammad bin Ubaidillah bin Abi Rafi dari ayah dan kakeknya berkata, "Rasulullah SAW mendatangi salat Id berjalan kaki dan beliau pulang melalui jalan berbeda dari yang dilaluinya saat pergi." (HR. Ibnu Majah)

4. Makan Setelah Shalat Ied

Ada perbedaan antara anjuran makan pada sholat Idul Fitri dan Sholat Idul Adha. Pada sholat Idul Fitri, umat muslim dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. Sedangkan tidak dianjurkan makan terlebih dahulu jika melaksanakan sholat Idul Adha.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya, "Nabi SAW pada hari raya Idul Fitri tidak keluar sebelum makan, dan pada hari raya Idul Adha tidak makan sehingga selesai salat." (HR. At-Tirmidzi)

5. Memperbanyak Membaca Takbir

Bagi umat muslim yang hendak berangkat menuju sholat Idul Adha disunnahkan untuk memperbanyak membaca takbir. Sementara itu, umat muslim juga disunnahkan memperbanyak takbir saat pulang dari sholat Idul Adha.

SUMBER: SUARA.COM/Muhammad Zuhdi Hidayat

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI