Sukabumi Update

Waspada Skimming ATM, Simak Tips Menghindarinya Agar Transaksi Tetap Aman

SUKABUMIUPDATE.com - Saat melakukan transaksi di mesin ATM, kamu diharuskan selalu waspada pada modus-modus kejahatan seperti skimming ATM atau modus kejahatan lain yang bisa merugikan kamu.

Melansir dari Suara.com, skimming merupakan tindakan pencurian informasi kartu, baik debit maupun kredit, dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu yang digunakan secara ilegal.

Ketika data berhasil disalin oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dana yang tersimpan atau batas kredit bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi.

Baca Juga :

Skimming ATM dilakukan dengan berbagai modus, salah satunya menempelkan skimmer pada mulut mesin ATM. Alat ini yang akan melakukan tugas menyalin data yang terdapat pada strip magnetik kartu ATM, sehingga kemudian bisa disalahgunakan. Lalu bagaimana cara mencegah atau mengatasinya?

Beberapa cara sederhana bisa Anda terapkan untuk menghindari kejahatan skimming yang bisa merugikan ini.

photoIlustrasi Mengambil Uang Lewat Mesin ATM - (Freepik)</span

  1. Pastikan mesin ATM atau EDC (ya, kejahatan ini juga bisa dilakukan pada mesin EDC) tidak ada kejanggalan secara fisik. Periksa juga mulut ATM dan pastikan tak ada benda asing apapun. Jika melihat kejanggalan, ada baiknya Anda berpindah mesin ATM.
  2. Lakukan transaksi pada mesin ATM yang memiliki pencahayaan baik, serta dilengkapi dengan CCTV untuk langkah antisipasi terjadinya skimming.
  3. Jangan pernah memberikan data atau informasi kartu Anda pada orang lain, siapapun.
  4. Jangan menandatangani slip transaksi kosong.
  5. Buat nomor PIN dengan kuat. Hindari penggunaan inisial, tanggal lahir, nomor telepon, atau kombinasi yang mudah ditebak..
  6. Lakukan pengubahan PIN secara berkala dan variatif, agar data semakin sulit untuk dibajak atau disalahgunakan.
  7. Selalu lakukan konfirmasi dengan layanan konsumen bank yang Anda gunakan ketika ada kontak dari pihak yang mengaku sebagai pihak bank.

SUMBER: SUARA.COM/ I Made Rendika Ardian

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI