Sukabumi Update

Salah Satunya di Jabar, Ini 5 Daerah dengan Suhu Terdingin di Indonesia 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Fenomena suhu dingin belakangan terjadi di beberapa daerah di Indonesia merupakan peristiwa alamiah yang terjadi saat memasuki puncak musim kemarau. Di Indonesia sendiri, puncak musim kemarau akan terjadi pada Juli hingga September 2022 mendatang.

Berikut daftar wilayah suhu terdingin di Indonesia yang diakibatkan karena puncak musim kemarau tahun 2022 seperti dilansir dari Suara.com.

Baca Juga :

1. Dieng, Jawa Tengah

Cuaca ekstrem terdingin menyelimuti kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bahkan beberapa waktu lalu, di daerah tersebut terjadi fenomena embun es yang muncul selama dua hari berturut-turut hingga suhu dingin di Dieng mencapai minus satu derajat celcius.

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Fenomena embus es juga terjadi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang diakibatkan karena penurunan suhu udara yang cukup ekstrem.

Penurunan suhu udara tersebut mencapai 2-6 derajat celcius. Fenomena embun es terjadi di kawasan TNBTS yang berada pada ketinggian 500 mdpl ke atas.

photo(Ilustrasi) Suhu dingin - (shutterstock)</span

3. Nusa Tenggara Timur

Suhu dingin juga melanda sebagian besar wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Suhu di wilayah tersebut mencapai 10 derajat celcius dan kemungkinan akan lebih dingin lagi mengingat puncak musim dingin akan terjadi di Bulan Agustus 2022 mendatang.

Selain Ruteng, suhu dingin lainnya terasa di daerah lain, seperti di Bajawa, Kabupaten Ngada, dengan suhu terendah 14 derajat celcius dan Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan dengan suhu 16 derajat celcius.

4. Semarang, Jawa Tengah

Kota Semarang, Jawa Tengah juga menjadi lebih dingin dari biasanya, suhu rata-rata bisa mencapai 21 derajat celcius. Fenomena tersebut akan berlangsung hingga bulan Agustus 2022.

5. Bandung, Jawa Barat

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Jawa Barat juga mencatat suhu di wilayah Bandung sedang dalam kondisi terdingin dengan suhu sampai 16 derajat bahkan sampai 14 derajat di wilayah Lembang.

Suhu udara di wilayah Bandung di tahun ini akan lebih dingin disebabkan kemarau basah yang tengah berlangsung.

Suhu dingin di wilayah Bandung masih akan terjadi hingga beberapa bulan ke depan dengan perkiraan di bawah 17 derajat celcius.

SUMBER: SUARA.COM/Syifa Khoerunnisa

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI