Sukabumi Update

Bacaan Doa Sesudah Adzan Beserta Artinya, Banyak Miliki Keistimewaan!

SUKABUMIUPDATE.com - Seperti yang sudah diketahui jika adzan dalam sehari berkumandang sebanyak lima kali. Sebagai umat muslim dianjurkan untuk membaca doa sesudah Adzan. 

Anjuran membaca doa sesudah adzan ini diketahui memiliki banyak keistimewaan bagi semua umat muslim.

Dengan mengamalkan doa setelah adzan, permohonan yang diharapkan akan terkabul, dosa dihapus, dan mendapatkan syafaat oleh Allah SWT.

photo(Ilustrasi) Adzan - (Freepik)</span

Hal itu terdapat dalam hadits sebagaimana diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah Ra, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka syafaatku baginya di hari kiamat." (HR. Bukhari).

Baca Juga :

Dilansir oleh Suara.com dari lamanNU Online, berikut bacaan doa sesudah adzan beserta artinya:

Allahumma rabba hadzihid dakwatit tammah, was shalatil qa’imah, ati sayyidana muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab‘atshu maqamam mahmdanil ladzi wa‘attah, innaka la tukhliful mi’ad. Rabbighfir li, wa li walidayya, warham huma kama rabbayani shaghira. 

Artinya: "Ya Allah, Tuhan seruan yang sempurna dan salat yang berdiri, berikanlah wasilah (tempat di surga) dan keutamaan kepada Nabi Muhammad saw. Bangkitkan ia pada kedudukan terpuji (hak syafa’at) yang Kaujanjikan. Sungguh, Engkau tidak akan menyalahi janji. Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

Doa tersebut diriwayatkan oleh sahabat Jabir dalam Shahih Bukhari.

“Dari Jabir bin Abdullah ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Siapa saja yang berdoa ketika mendengar seruan azan ‘Allahumma rabba hadzihid dakwatit tammah, was shalatil qa’imah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah, wab‘atshu maqamam mahmdanil ladzi wa‘attah,’ niscaya jatuhlah syafaatku padanya di hari kiamat.’ (HR Bukhari),” (An-Nawawi, Al-Adzkar, [Kairo, Darul Hadits: 2003 M/1424 H], halaman 44). 

Demikian informasi tentang doa sesudah adzan beserta artinya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI