Sukabumi Update

Ciri Kepribadian Ekstrovert, Apakah Kamu Salah Satunya?

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert kerap kali digambarkan senang berinteraksi dan sangat menarik perhatian, berkebalikan dengan orang yang memiliki kepribadian introvert.

Kedua jenis kepribadian tersebut beberapa tahun terakhir menjadi perbincangan di Indonesia. Banyak yang mengaku bahwa dirinya seorang ekstrovert atau introvert. Padahal kepribadian tersebut tidak serta merta dapat diakui begitu saja.

photoIlustrasi Orang dengan Kepribadian Ekstrovert - (Freepik)</span

Dilansir oleh Tempo.co dari lama Healthline dan Verywellmind, inilah penjelasan mengenai kepribadian ekstrovert beserta ciri-cirinya.

Pada tahun 1960-an, psikolog bernama Carl Jung pertama kali menggambarkan ekstrovert dan introvert pada saat membahas kepribadian. 

Menurutnya, dua kepribadian ini adalah cara bagaimana orang mendapatkan energi dari sumbernya. 

Orang ekstrovert cenderung suka berteman, hangat, aktif, positif, serta senang keramaian. Selain itu, jenis kepribadian ini juga sering dikaitkan dengan kemampuan bergaul yang cukup mahir, memiliki antusiasme yang cukup tinggi, ramah, dan banyak berbicara. 

Sayangnya, banyak yang menganggap orang ekstrovert adalah pandai cari perhatian. Lalu, bagaimana ciri-ciri orang ekstrovert? Umumnya, orang ekstrovert memiliki karakteristik sebagai berikut: 

Baca Juga :

1. Suka Berbicara 

Orang ekstrovert bahkan senang memulai percakapan dengan orang asing sekali pun, bukan hanya dengan teman, keluarga, atau kerabat dan rekan kerja saja. 

Ketika berada dalam taksi misalnya, orang ekstrovert tidak akan ragu untuk berbincang lebih banyak dengan pengemudi karena ia senang mengeksplorasi dan mengatur ide serta pikiran dengan cara berbincang dengan orang lain, bahkan tentang kehidupan pribadi sekalipun. 

2. Punya Lingkungan Pertemanan yang Cukup Luas 

Karena orang ekstrovert pandai memulai pembicaraan dengan orang lain, bahkan dengan orang yang tidak dikenal sekali pun, hal ini memudahkan dia memiliki banyak teman. 

3. Menyukai Keramaian 

Orang ekstrovert merasa interaksi sosial adalah hal yang menyenangkan. Mereka malah akan mendapatkan energi keramaian dan justru merasa tidak semangat dan tidak punya energi saat sedang sendiri. 

4. Senang Berdiskusi Saat Ada Masalah 

Orang ekstrovert akan lebih memilih mendiskusikan jalan keluar permasalahan ketika menemui masalah daripada memikirkannya sendirian dan berlarut-larut. 

Bagi ekstrovert, membicarakan masalah dan meminta pendapat orang lain adalah hal yang baik karena ia bahkan menganggap bercerita atau berdiskusi bisa menghilangkan stres. 

5. Sangat Terbuka 

Karena merupakan pribadi yang senang berdiskusi, maka orang ekstrovert juga cenderung sangat terbuka dengan orang lain. Maka tak heran jika ia dianggap ramah dan mudah dikenal.

Itulah penjelasan serta ciri-ciri kepribadian ekstrovert, apakah kamu seorang yang memiliki kepribadian tersebut?

Baca Juga :

SOURCE: TEMPO.CO

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI