Sukabumi Update

7 Cara Hilangkan Kerak Panci Bagian Belakang, Ibu di Rumah Harus Tahu

SUKABUMIUPDATE.com - Kerak panci pada bagian belakang setelah penggunaan dalam jangka waktu lama merupakan hal yang wajar, oleh karena itu jangan langsung membuangnya. Sebab, kerak pada bagian belakang panci atau wajan dapat dihilangkan.

Meski tidak langsung mempengaruhi kualitas makanan Anda, kerak di belakang panci atau wajan tetap mengandung akrilamida yang jika terus dipanaskan bisa menjadi karsinogen. Segera bersihkan jika Anda mulai melihat kerak menghitam.

photo(Ilustrasi) Peralatan Dapur - (Freepik)</span

Melansir dari Suara.com, berikut beberapa cara hilangkan kerak di panci bagian belakan yang bisa ibu coba di rumah.

Baca Juga :

1. Menggunakan Air soda

Tidak hanya segar diminum, air soda rupanya juga bermanfaat untuk membersihkan kerak panci yang membandel. 

Caranya pun cukup mudah, tidak perlu mengencerkannya, Anda bisa langsung menyemprotkan ke bagian belakang panci yang berkerak.

Diamkan selama 1-2 jam hingga kerak tersebut mulai lepas sendiri. Setelah itu, gosok dengan penggosok berbahan wol sambil membilas dengan air.

2. Menggunakan Baking soda

Baking soda memang sudah dikenal sebagai salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membasmi bermacam noda, tidak terkecuali kerak pada bagian belakang panci.

Caranya, taburkan satu sampai dua cangkir baking powder atau soda kue bubuk yang telah diencerkan dengan air hangat. 

Setelah itu, diamkan selama 15-30 menit dan bilang. Lakukan proses itu hingga 2-3 kali sampai bersih maksimal.

3. Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Jika menggosoknya dengan sabun cuci piring saja tidak cukup, cobalah untuk melakukannya sambil menggunakan air panas.

Caranya, cukup rendam panci dengan sabun cuci piring yang telah dicampurkan dalam air panas.

Hal ini supaya kerak menjadi lebih lembab dan mudah lepas dari wajan. Diamkan selama 15 sampai 20 menit dengan merendamnya untuk kemudian digosok dengan spons pencuci yang lembut.

4. Menggunakan Saus Tomat

Kandungan asam pada saus tomat rupanya juga ampuh untuk membersihkan kerak panci dan wajan, Anda cukup mengoleskan langsung saus tomat ke bagian yang berkerak, kemudian diamkan selama 15 menit.

Setelah itu, cuci wajan seperti biasanya menggunakan sabun cuci piring. Lakukan beberapa kali pengulangan supaya kerak benar-benar hilang.

5. Menggunakan Minyak sayur

Trik ini bisa lebih cocok dipakai untuk membersihkan kerak pada belakang wajan. Pertama, siapkan wajan berukuran lebih besar dari panci yang akan dibersihkan. 

Gunakan wajan besar untuk memanaskan minyak. Setelah itu, letakkan wajan yang akan dibersihkan di atas minyak yang sudah panas.

Diamkan setidaknya 15 menit dan gosok kerak yang terendam minyak menggunakan sikat. Jangan lupa bilas wajan setelahnya.

6. Menggunakan Jeruk nipis

Sama halnya dengan saus tomat, jeruk nipis juga memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga terkenal ampuh untuk membersihkan kerak. Caranya, larutkan sabun pencuci piring dan perasan jeruk nipis.

Rendam wajan yang berkerak selama satu malam di dalamnya. Paginya, bersihkan wajan yang berkerak dengan sikat dan bilas dengan air hangat.

7. Kayu Bakar atau Abu Gosok

Menggunakan abu gosok sebagai alat pembersih kerak pada panci atau wajan sudah dilakukan sejak dahulu. Dengan cara tradisional ini, Anda bisa melihat wajan menjadi seperti baru.

Caranya, campurkan abu gosok dengan air sampai berbentuk pasta, kemudian oleskan pada bagian yang berkerak. Setelah itu, sikat beberapa kali sampai terlihat kerak yang mengelupas.

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | HILLARY SEKAR PAWESTRI

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI