Sukabumi Update

6 Cara Mudah Mengusir Lalat di Rumah, Dijamin Efektif

SUKABUMIUPDATE.com - Lalat sering kali muncul di dalam rumah dan tentunya hal tersebut cukup mengganggu karena binatang kecil itu dapat membawa berbagai macam penyakit.

Hal tersebut dikarenakan, lalat kerap kali hinggap di tempat-tempat kotor seperti tempat sampah atau bahkan kotoran hewan lain.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara sederhana namun efektif untuk mengusir lalat di rumah.

Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mudah mengusir lalat di rumah dengan bahan dan peralatan yang gampang didapatkan, seperti dirangkum oleh Suara.com dari berbagai sumber.

Baca Juga :

1. Kulit Jeruk

photoIlustrasi Kulit Jeruk - (Pinterest)</span

Dilansir dari laman Hello Sehat, daripada dibuang, sebaiknya simpan kulit jeruk untuk mengusir lalat dari rumah. 

Bau kulit jeruk yang menyengat menjadi salah satu hal yang dibenci oleh lalat. Tidak heran, jika selama ini banyak produk pembasmi lalat yang menggunakan ekstrak citrus sebagai aromanya.

2. Kantong Plastik Berisi Air

Dilansir dari laman Hello Sehat, salah satu cara ampuh mengusir lalat dari dalam rumah adalah menggunakan kantong plastik berisi air. 

Kantong plastik berisi air ini paling tepat digantungkan di gagang pintu serta jendela yang terbuka, khususnya pada siang hari.

Diketahui, lalat memiliki jumlah lensa yang banyak pada matanya sehingga memungkinkan mereka mendeteksi gerakan cahaya. Sementara itu, genangan air di plastik dapat memantulkan cahaya ke seluruh tempat sehingga bisa membuat si lalat bingung.

3. Cuka Sari Apel dan Sabun Cuci Piring

Menurut laman Prevention, campuran cuka sari apel dan sabun cuci piring juga dapat digunakan sebagai pengusir ampuh lalat di rumah.

Bau dari cuka apel dapat menarik lalat terbang mendekatinya, sedangkan sabun akan membasmi lalat, bahkan merusak saluran pencernaan dan menghancurkan dinding sel serangga tersebut.

Jangan lupa, tambahkan sedikit gula pada mangkuk yang berisi campuran cuka sari apel dan sabun cuci piring.

4. Buah Busuk

Berbeda dengan manusia, lalat sangat menyukai bau dari buah busuk. Jadi, manfaatkan hal ini dengan membuat perangkap supaya rumah bisa bebas dari lalat.

Caranya, cukup tempatkan buah busuk ke dalam toples dengan tutup plastik berlubang, dengan begitu lalat akan masuk ke sana dan terperangkap.

5. Kamper

Selain dapat digunakan sebagai penghilang bau di lemari dan toilet, rupanya kamper juga cukup efektif mengusir lalat dari dalam rumah.

Tanpa perlu repot-repot membuatnya, kamper bisa dengan mudah didapatkan di supermarket. Tempatkan di atas permukaan panas, seperti hot plate. 

Letakkan kamper di dekat jendela terbuka serta pintu masuk utama untuk mencegah lalat masuk ke rumah.

6. Tanaman di Dalam Rumah

Cara mengusir lalat selanjutnya adalah dengan menempatkan tanaman di dalam rumah. Beberapa tanaman seperti mint, lavender, dan sereh, dipercaya dapat mengusir lalat berkat baunya yang menyengat.

Meski hal tersebut ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, tentu saja tidak ada salahnya memelihara tanaman di dalam rumah.

Itulah beberapa cara mengusir lalat di rumah yang bisa diterapkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | HILLARY SEKAR PAWESTRI

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI