Sukabumi Update

Tata Cara Sholat Hajat Lengkap dengan Bacaan Niat, Doa Hingga Keistimewaannya

SUKABUMIUPDATE.com - Ada beberapa sholat yang hukumnya sunnah namun tetap dianjurkan untuk dikerjakan mengingat memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah sholat hajat.

Apalagi jika memiliki hajat atau keinginan, kita dianjurkan mengerjakan sholat hajat. Untuk itu, simak tata cara sholat hajat, niat, doa dan keistimewaannya seperti dikutip dari Suara.com.

Sholat hajat sendiri diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Terkait dengan sholat hajat, Rasulullah SAW pernah bersabda sebagai berikut: 

"Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (sholat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang dia pinta cepat atau lambat." (HR.Ahmad).

Baca Juga :

Berdasarkan hadits di atas, Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar umatnya untuk mengerjakan sholat hajat jika berharap keinginannya dikabulkan Allah SWT. 

Ibadah ini merupakan satu bentuk ikhtiar seseorang agar segala keinginan dikabulkan oleh Allah SWT. Entah itu keinginan yang berkaitan dengan jodoh, rezeki, kesehatan, atau perlindungan dari perkara-perkara yang mudarat. 

Meminta sesuatu kepada Allah SWT memang sesuatu yang sangat dianjurkan. Asalkan hajat atau keinginan tersebut diminta dengan tata cara yang sesuai syariat agama Islam. 

Lantas seperti apa tata cara sholat hajat yang sesuai syariat? Amalan apa saja yang perlu diterapkan agar doa kita mustajab? Apa saja keistimewaan sholat hajat? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Tata Cara Sholat Hajat

Sebenarnya, tata cara sholat hajat tidak berbeda jauh dari sholat-sholat lainnya. Perbedaannya hanya terletak pada bacaan niat. Berikut ini tata caranya sholat hajat:

  1. Membaca niat sholat hajat
  2. Membaca doa Iftitah lalu Surat Al-fatihah
  3. Membaca salah satu surat pendek
  4. Ruku dengan tuma'ninah
  5. I'tidal dengan tuma'ninah
  6. Sujud dengan bacaan tuma'ninah
  7. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
  8. Sujud kedua dengan tuma'ninah
  9. Mengerjakan rakaat kedua seperti mengerjakan rakaat pertama dengan membaca ayat kursi.
  10. Tahiyat akhir
  11. Salam 

Bacaan Niat Sholat Hajat 

Niat sholat hajat dapat diucapkan dalam hati seperti membaca biat sholat pada umumnya. Berikut ini bacaannya: 

"Ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'ala." 

Artinya:"Aku berniat sholat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta'ala." 

Jumlah Rakaat Sholat Hajat 

Sholat hajat hendaknya dilakukan paling sedikit sebanyak 2 hingga 12 rakaat. Setiap 2 rakaat harus disertai dengan salam.

photo(Ilustrasi) Memanjatkan doa setelah menunaikan sholat hajat - (iStock)</span

Waktu Terbaik Mengerjakannya

Pengerjaan sholat hajat bisa dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu-waktu yang telah dilarang melakukan ibadah sholat. Waktu yang dimaksud yakni: 

  1. Setelah sholat subuh hingga matahari terbit 
  2. Setelah waktu ashar hingga matahari terbenam 

Waktu terbaik untuk melakukan sholat hajat yakni ketika malam hari, terutama di saat sepertiga bagian terakhir malam. Sholat hajat dapat dikerjakan setelah mengerjakan sholat tahajud.

Baca Juga :

Doa Setelah Sholat Hajat 

Setelah mengerjakan sholat hajat, Anda dapat membaca doa setelah sholat hajat berikut ini: 

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbul ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaati rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birrin wassalaamata ming kulli itsmin. Laa tada’ lana dzanban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin. 

Artinya : Tiada Tuhan selain Allah yang santun dan pemurah. Tiada Tuhan selain Allah yang maha tinggi dan agung. Mahasuci Allah, Tuhan Arasy yang megah. 

Segala Puji bagi Allah tuhan semesta alam. Shalawat dan Salam kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta para keluarganya dan sahabatnya semua. Tidak ada tuhan melainkan Allah yang maha Penyantun dan pemurah. Maha suci Allah, Tuhan pemelihara ‘Arasy yang Mahaagung. Segala Puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. 

Kepada-Mu aku memohon sesuatu yang mewajibkan Rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.

Janganlah Engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu Hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang. 

Setelah membaca doa di atas, Anda dapat memanjatkan segala keinginan atau hajat dengan menggunakan bahasa sehari-hari. Sebab doa yang baik adalah doa yang dapat dimengerti oleh seseorang. 

Keistimewaan Sholat Hajat 

Keistimewaan sholat hajat yang paling utama yaitu keinginan kita akan dikabulkan oleh Allah SWT dengan jalan terbaik menurut-Nya. Selain itu, sholat hajat juga akan mendatangkan berbagai kebaikan lainnya. Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut: 

  • Mendapatkan pahala dari Allah SWT 
  • Mendekatkan diri hanya kepada Allah SWT 
  • Mendapatkan perasaan yang lebih tenang 
  • Rasa tawakal yang lebih kuat 
  • Memperkuat keimanan kita

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM/Putri Ayu Nanda Sari

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI