Sukabumi Update

Fakta Menarik Mangkuk Ayam Jago Legendaris yang Jadi Google Doodle

SUKABUMIUPDATE.com - Kita mungkin tidak asing dengan mangkuk ayam jago merah yang kerap digunakan sebagai mangkuk mi ayam, bakso, bubur ayam dan sebagainya.

Meski mangkuk putih dengan logo ayam jago berwarna merah atau dikenal sebagai mangkuk ayam merah ini sudah mulai jarang ditemui. Namun, mangkuk yang melegenda ternyata bukan berasal dari Indonesia.

Mengutip dari Tempo.co, pemerintah Thailand memanfaatkan kepopuleran mangkuk ini. Pemerintah Thailand mendaftarkan mangkuk ayam jago merah ini sebagai produk Indikasi Geografis Lampang pada 12 September 2013.

Baca Juga :

Ini berarti hukum perdagangan internasional menegaskan kualitas dan reputasi mangkuk ayam yang dibuat di wilayah tersebut. Dengan begitu, tepat hari ini Google Doodle memutar lambang ikonis ini.

Berikut terdapat beberapa fakta menarik dari mangkuk ayam jago yang tampil di Google hari ini.

photoGoogle Doodle Tampilkan Mangkuk Ayam Jago - (Screenshot)</span

1. Asal mula mangkuk ayam jago merah

Bukan dari Indonesia, ternyata mangkuk legenda ini berasal dari Cina. Awalnya, Kaisar Chenghua periode Dinasti Ming (1465-1487 Masehi), memesan empat buah mangkuk bergambar ayam jago dan ayam betina. Kaisar memesannya kepada seorang perajin keramik dengan teknik doucai. Mangkuk itu dibuat khusus untuk dirinya dan permaisurinya sebagai tanda cinta, seperti dilansir dalam laman Chinanews.

Wajar saja, jika seseorang menggunakan mangkuk ini pasti di bawahnya ada tulisan dengan tinta hitam Made in China.

Namun, sebagian peneliti berpendapat bahwa mangkuk ini berasal dari Negeri Gajah Putih, yaitu Thailand. 

2. Warna mangkuk ayam jago

Warna mangkuk ini sangatlah ikonik. Latar mangkuk dominan berwarna putih dengan sedikit sentuhan gambar bunga dan dedaunan, lalu tidak ketinggalan ayam merah dengan jengger warna hitam sangat mirip sekali dengan ayam khas asal Cina.

Baca Juga :

Warna yang mudah diingat oleh masyarakat membuat mangkuk ini menjadi sangat dikenal dan menjadi ciri khas, terutama ketika sedang makan mie ayam.

3. Makna dari mangkuk ayam jago merah

Halaman Selanjutnya

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI