Sukabumi Update

5 Amalan Hari Jumat yang Sangat Sayang Untuk Dilewatkan

SUKABUMIUPDATE.com - Ada beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan di Hari Jumat mengingat hari tersebut merupakan hari istimewa dalam Islam.

Pada hari tersebut dipercaya bahwa setiap amalan baik akan mendapatkan ganjaran yang berlipat-lipat.

Mengutip dari Suara.com, berikut adalah beberapa amalan-amalan yang dapat anda lakukan pada hari Jumat, tentunya dengan tujuan untuk mendapatkan keridhoan dan keberkahan Allah. Mengingat bahwa hari Jumat merupakan hari baik diantara hari-hari lainnya.

Baca Juga :

1. Memperbanyak Membaca Sholawat

Amalan hari Jumat yang pertama adalah memperbanyak Sholawat. Hal ini dijelaskan melalui Riwayat HR. Baihaqi yang artinya:

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti."

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Selanjutnya, amalan hari Jumat yang juga tidak boleh dilewatkan adalah membaca surat Al-Kahfi, "Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya". Hadits dari Ka’ab menjelaskan: "Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari lainnya." (Mauquf Shahih).

photo(Ilustrasi) Amalan di hari Jumat - (via: islamicity)</span

3. Perbanyak Dzikir

Hal ini dijelaskan melalui hadits riwayat Abu Dawud yang artinya:

“Maka perbanyaklah (shalawat) kepadaku pada hari (Jumat) ini, sesungguhnya salawat kalian akan ditampakkan kepadaku”

4. Membaca Surat Yasin dan As-Saffat

Selain surat Al-Kahfi terdapat dua surat lain yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada hari jumat, yakni surat Yasin dan As-Saffat.

5. Memperbanyak Sedekah

Amal yang dimaksud dapat berupa sedekah di hari Jumat, dikarenakan "Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya". Hadits dari Ka’ab menjelaskan: "Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari lainnya." (Mauquf Shahih).

Baca Juga :

SUMBER: SUARA.COM

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI