Sukabumi Update

Ajarkan pada Anak, Berikut Doa Bangun Tidur Lengkap dengan Adabnya

SUKABUMIUPDATE.com - Selain mengajarkan doa untuk tidur, orang tua muslim juga wajib mengajarkan anak untuk membaca doa bangun tidur dengan tata cara atau adabnya.

Doa sesudah tidur merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT terhadap kenikmatan yang diberikan kepada hamba-Nya. 

photo(Ilustrasi) Mengajari Anak Mengaji - (Freepik)</span

Doa ini telah diajarkan sejak kecil agar terbiasa dilakukan hingga dewasa. Berikut bacaan doa sesudah tidur dan artinya yang dapat diamalkan yang dilansir oleh Suara.com dari NU Online.

Baca Juga :

Bacaan Doa Bangun Tidur:

“Alhamdulillahil ladzi ahyana ba'da ma amatana wa ilaihin nusyur.”

Artinya:"Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah ia mematikan kami. Kepada-Nyalah kebangkitan hari kiamat.

Selain mengetahui bacaan doa sesudah tidur, Anda juga dapat mengetahui bacaan doa sebelum tidur yang dapat dilafalkan sebagai berikut.

“Bismillahirrahmanirrahim. Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.”

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.

Adab Tidur sesuai Ajaran Islam

Tak hanya memanjatkan doa sebelum dan sesudah tidur, umat muslim juga dapat memahami adab tidur yang dianjurkan untuk dilaksanakan sebagai berikut.

1. Berwudhu sebelum tidur

Anda disunnahkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum tidur sebagaimana sebelum sholat. Hal ini sebagaimana terlah disebutkan dalam sebuah hadist yang berbunyi, “Jika engkau hendak menuju tempat tidurmu (untuk tidur), maka berwudhulah seperti engkau berwudhu untuk salat, kemudian berbaringlah di rusukmu (bagian tubuh) sebelah kanan” (HR Bukhari dan Muslim).

2. Berbaring di sebelah kanan

Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat muslim untuk berbaring ke arah kanan saat tidur. Pasalnya, tidur dengan berbaring ke sebelah kanan dianggap cepat untuk bangun. 

3. Menghadap kiblat

Selain menghadap kanan, dapat dianjurkan untuk menghadap kiblat sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW. 

Hal ini sebagaimana dalam hadits, “Rasulullah memerintahkan ‘Aisyah untuk menyiapkan tempat tidurnya. Tempat tidurnya pun disiapkan, lalu Rasulullah menghadap kiblat. Dan apabila beliau merebahkan diri di atasnya, beliau jadikan telapak tangan kanannya sebagai bantal” (HR Abu Ya'la)

4. Berdzikir

Selain membaca doa sebelum tidur, Anda juga berdzikir kepada Allah SWT agar hati menjadi lebih tenang dan tidur akan semakin nyenyak.

Itulah ulasan singkat seputar bacaan doa sesudah tidur dan adab yang dapat dilakukan oleh umat muslim. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :

SOURCE: SUARA.COM | MUHAMMAD ZUHDI HIDAYAT

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI