Sukabumi Update

Supaya Awet, Simak 6 Cara Menyimpan Ikan dengan Benar

SUKABUMIUPDATE.com - Ikan termasuk makanan pokok manusia yang banyak mengandung vitamin D tinggi, yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh. Berbagai jenis ikan kaya gizi pun yang bisa dikonsumsi sangatlah bermacam-macam dengan harga bervariatif.

Nah, jika kamu sedang berencana untuk membeli ikan dalam jumlah banyak sebagai stok persediaan di rumah, namun khawatir akan busuk, kamu sebenarnya bisa menyimpan ikan tersebut tetap awet dalam waktu cukup lama.

Caranya dengan menyimpan ikan tersebut dengan benar, maka ikan serta rasanya akan tetap sama seperti baru beli kemarin.

Berikut kami telah mengutip dari laman Berkeluarga, tentang cara-cara menyimpan ikan dengan benar supaya bisa awet.

Baca Juga :

1.Memilih Kualitas Ikan Terbaik

Pertama sebelum membeli ikan, carilah ikan yang mempunyai kualitas terbaik. Kamu bisa memilihnya dengan melihat ikan yang masih kenyal, segar serta matanya masih cerah.

Sedangkan ikan yang sudah tidak segar cenderung waktu penyimpanannya akan singkat walaupun sudah disimpan dalam lemari pendingin.

2. Membersihkan Ikan 

Sebelum disimpan, alangkah baiknya ikan dibersihkan terlebih dahulu dengan membuang bagian perutnya dan insangnya supaya tidak menimbulkan bau amis.

Kamu bisa menggunakan perasan jeruk nipis yang dibalurkan ke dalam tubuh ikan. Dipastikan selama disimpan dalam freezer, ikan akan segar dan tidak berbau menyengat.

3. Menyimpan Pada Wadah Tertutup 

Selanjutnya setelah ikan dibersihkan, simpanlah ikan tersebut di dalam wadah yang kedap udara atau tertutup. Manfaat dari wadah tertutup adalah untuk melindungi ikan dari kontaminasi bahan-bahan lainnya yang bisa menyebabkan ikan menjadi tidak awet.

4. Merendamnya Bersama Bumbu

Cara yang satu ini sebenarnya bisa digunakan maupun tidak, namun alangkah baiknya sebelum ikan dimasukan ke dalam ruang pendingin, ikan dibumbui terlebih dahulu. Bertujuan supaya ikan lebih tahan lama dan bumbu marinasi akan menyerap ke dalam ikan.

5. Menyimpan di Lemari Pendingin atau Freezer

Lemari pendingin atau Freezer merupakan salah satu cara pelengkap untuk membuat ikan agar terus awet. Ikan yang telah disimpan pada Freezer akan membeku dan bisa bertahan sampai berbulan-bulan lamanya.

Freezer juga berfungsi supaya ikan tetap segar dan terhindar dari jamur dan bakteri yang bisa membuat ikan menjadi cepat busuk.

6. Memisahkan Ikan Dengan makanan yang Bau Menyengat

Tips terakhir adalah memisahkan ikan dengan makanan yang berbau menyengat dan makanan yang telah busuk. Cara tersebut sangat berpengaruh agar ikan tidak bercampur dengan bau makanan yang telah basi atau menyengat.

itulah tata cara menyimpan ikan dengan benar supaya bisa awet berbulan-bulan. Selamat mencobanya.

Baca Juga :

Writer : Ikbal Juliansyah

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI