Sukabumi Update

3 Hal Buruk yang Ditimbulkan dari Sifat Ceroboh, Segera Ubah Kebiasaan!

SUKABUMIUPDATE.com - Sifat cerobohadalah salah satu sifat yang seharusnya dihindari oleh setiap orang. Hal tersebut karena sifat ini dapat memberikan dampak buruk pada kehidupan.

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan ceroboh ini sering lalai dalam menjalankan kewajibannya dan tidak jarang juga membuat orang lain kewalahan.

photo(Ilustrasi) Orang Ceroboh - (iStock)</span

Nah selain hal tersebut, ada juga beberapa hal yang dapat ditimbulkan oleh sifat ceroboh ini. Dan inilah dampak-dampak negatif dari sifat tersebut seperti melansir dari Yoursay.id (Portal Suara.com). 

Baca Juga :

1. Pekerjaan Menjadi Bertambah Banyak

Kecerobohan seseorang dapat membuat ia kerap tidak teliti dan lengah, sehingga ia akan melakukan kekeliruan yang semestinya bisa ia hindari ketika mengerjakan sesuatu.

Tak hanya itu, ia pun tak jarang harus menanggung konsekuensi lainnya, yakni alih-alih berkurang, pekerjaannya justru malah akan bertambah banyak.

Misalnya saja, ketika kita sedang membersihkan rumah, lantas kita tidak berhati-hati dalam meletakkan suatu barang pecah belah, seperti piring atau gelas, sehingga menyebabkan barang tersebut mudah tersenggol dan jatuh, membuat barang itu pecah dan isinya tumpah. Akibatnya, pekerjaan kita untuk membersihkan rumah justru malah akan bertambah.

2. Mengundang Bahaya

Sifat ceroboh juga bisa mengundang bahaya bagi diri kita dan orang-orang di sekitar kita. 

Sebab, sifat ini dapat membuat kita lalai dan tidak memperhatikan hal yang sebenarnya sangat penting untuk dilakukan. 

Akibatnya bisa jadi sangat fatal, bahkan membuat kita kehilangan hal-hal yang berharga dalam hidup kita.

Contohnya bisa kita lihat dalam pemberitaan mengenai peristiwa sehari-hari. Ada banyak kasus anak bayi atau balita yang terluka, lebih parahnya lagi harus kehilangan nyawa, akibat kelalaian orang tua yang membiarkannya bermain atau meninggalkannya sendirian tanpa pengawasan.

Penyebabnya bermacam-macam, seperti terjatuh dari tempat tinggi, memainkan barang-barang yang berbahaya, hingga terjepit atau terjebak di suatu tempat.

3. Orang Lain Akan Sulit Memberikan Kepercayaan

Orang yang bersifat ceroboh akan cenderung melakukan banyak kesalahan, bahkan senang menunda-nunda pekerjaan. 

Inilah yang membuat orang lain sulit mempercayakan sesuatu kepadanya. Bahkan, meski ia diminta untuk melakukan suatu tugas, orang lain tetap akan meragukan hasil pekerjaannya.

Sifat ceroboh juga membuat waktu penyelesaian suatu pekerjaan menjadi lebih lama, karena ada banyak hal yang harus diperbaiki atau bahkan diulangi lagi. 

Akibatnya, orang dengan sifat ceroboh akan sulit dipercaya untuk menangani suatu tugas besar.

Demikian tiga akibat buruk yang ditimbulkan oleh sifat ceroboh. Hendaknya kita senantiasa berusaha untuk teliti dalam melakukan suatu pekerjaan. Sebab, sifat ceroboh akan menimbulkan banyak kerugian.

Baca Juga :

SOURCE: YOURSAY.ID

Editor : Reza Nurfadillah

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI