Sukabumi Update

Sering Gagal Saat Tes Wawancara Beasiswa? Simak 5 Tips Ini Agar Lolos

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak yang mendambakan beasiswa dalam melanjutkan pendidikan karena dapat meringankan dari segi biaya. Namun banyak orang yang gagal mendapatkan beasiswa saat tes wawancara.

Tes wawancara beasiswa sendiri menjadi salah satu tahapan yang harus dilalui oleh kandidat penerima beasiswa. Hal tersebut dilakukan pemberi beasiswa untuk menilai kepribadian dan memastikan yang ditulis dalam data pendaftar sesuai dengan kenyataan.

Lalu bagaimana agar bisa lolos tes wawancara beasiswa? Simak tips dari ahli berikut.

Melansir dari Tempo.co, Junaidi Fery Efendi, dosen sekaligus Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi Universitas Muhammadiyah Surabaya membagikan sejumlah tips agar calon mahasiswa sukses saat melakukan wawancara beasiswa.

1. Sering Berlatih Wawancara

Pertama, kata Junaidi, yang harus dilakukan adalah sering berlatih wawancara. Dalam hal ini, latihan bisa melibatkan keluarga atau teman. “Posisikan kamu sedang berada dalam wawancara serius oleh tim penilai beasiswa. Hal ini bagus untuk melatih komunikasi,” katanya dilansir dari laman resmi UM Surabaya pada Selasa, 11 Oktober 2022.

Ia mencontohkan beberapa pertanyaan yang bisa digunakan di antaranya menceritakan tentang diri, jelaskan tentang kelebihan dan kekurangan, jelaskan kekuatan dan kelemahan terbesar, alasan memilih beasiswa, motivasi saat mendaftar beasiswa, bagaimana cara mengatasi hambatan yang besar, atau kontribusi yang akan diberikan setelah menyelesaikan studi.

2. Datang Tepat Waktu

Kedua, yang harus dilakukan saat melakukan wawancara calon mahasiswa harus tepat waktu. Artinya calon mahasiswa dilarang terlambat. Datang lebih awal ini akan membuat kesan yang baik bahwa calon mahasiswa adalah seseorang yang disiplin.

Baca Juga :

3. Tetap Tenang Jangan Gugup

photo(Ilustrasi) Beasiswa - (Freepik)</span

Ketiga, tetap tenang dan jangan gugup. Ambil nafas panjang duduk diam, lakukan kontak mata, atur postur tubuh, tenangkan pikiran agar terlihat siap dan santai.

“Yang terpenting jangan sering-sering mengulang kata misalnya 'apa', 'umm[ atau 'ah' yang terkesan seseorang sedang ragu-ragu dan tidak yakin. Pastikan bahwa setiap jawaban yang keluar dari mulut adalah benar dan bisa dipertanggungjawabkan,”imbuhnya lagi.

4. Berpakaian Rapi dan Sopan

Keempat, berpakaianlah yang rapi dan pantas. Artinya seseorang harus berpakaian formal. Jika wanita gunakanlah rok atau celana atasan kemeja. Pastikan bersih rapi dan tidak ada kerutan.

5. Jawab Pertanyaan dengan Jujur

Kelima, jangan mengarang jawaban. Jika calon mahasiswa tidak mengetahui jawaban yang ditanyakan cobalah minta penjelasan lebih lanjut atau katakan tidak tahu jika memang betul-betul tidak mengetahui.

“Jangan coba-coba untuk mengarang jawaban yang tidak diketahui, hal ini bisa berakibat fatal karena hal ini akan menunjukkan seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki," ujarnya.

Jangan gugup dari awal hingga akhir. Usahakan tetap santai. Seorang pewawancara pasti bisa melihat kegelisahan para pelamar. Selama mempersiapkan diri dengan baik percayalah bahwa anda telah melakukan yang terbaik. “Pastikan CV yang anda tulis sangat berkesan sehingga mendapatkan kesempatan untuk menjalani tahapan wawancara. Terus tanamkan percaya diri bahwa anda akan diterima,” katanya.

Baca Juga :

SUMBER: TEMPO.CO

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI