Sukabumi Update

Kata Pakar Tak Semua Krim Bisa Atasi Masalah Mata, Ini Alasannya

SUKABUMIUPDATE.com  - Krim mata biasanya tersedia dalam wadah kecil dan harga yang lebih mahal. Akibatnya, tak jarang kaum Hawa memilih tidak menggunakan krim mata. Padahal, krim mata punya manfaat khusus yang tak dimiliki pelembab wajah biasa.

Fungsi utama krim mata adalah untuk mengurangi kerutan halus dan membantu mencerahkan area mata. Sebagian mengaku krim mata juga bisa membantu mengatasi kulit kendur di area mata. Namun, tidak semua masalah di area mata bisa teratasi dengan krim mata.

"Kebanyakan orang punya sedikit tumpukan lemak yang menyebabkan mata tampak membengkak. Tidak ada krim mata di dunia ini yang bisa mengatasi masalah itu," tegas dokter kulit Rachel Nazarian.

Krim mata, menurut Rachel, hadir dalam dosis yang lebih rendah sehingga tidak memicu iritasi pada area mata yang merupakan area tubuh yang lebih sensitif. 

Kebanyakan krim mata mengandung zat yang sama dengan pelembab wajah. Namun, dosis zat pada krim mata jauh lebih rendah, seperti dilansir laman The Huffington Post. Alasannya, area di sekitar mata menyerap lebih baik dibanding kulit di area wajah lain yang lebih tebal.

Lantas, kandungan krim mata seperti apa yang disarankan? Dokter kulit Fitzgeraldo Sanchez menyarankan memilih krim mata yang bebas dari parfum dan hipoalergenik atau kurang bersifat alergi. Pasalnya, krim mata yang mengandung parfum rentan menyebabkan iritasi dan alergi.

Namun tak ada salahnya jika Anda mengoleskan pelembab wajah di area mata, terutama jika telah menggunakan sebuah produk pelembab wajah dalam waktu yang lama.

"Seiring waktu, kemungkinan tidak akan timbul efek samping seperti kulit kering atau bersisik dan Anda bisa menikmati manfaat dari zat-zat yang ditawarkan produk tersebut," ucap Nazarian.

Tapi, pastikan pelembab wajah yang digunakan bukanlah produk perawatan jerawat atau krim anti penuaan yang rawan menyebabkan iritasi.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI