Sukabumi Update

Fatima Hemminger Pilot Berhijab Pertama di Angkatan Udara AS

SUKABUMIUPDATE.com - Profesi pilot identik dengan pekerjaan bagi seorang laki-laki. Seorang pilot memiliki kesan gagah, berani, dan pintar. Namun kini, ada juga wanita yang ikut menjadi penerbang pesawat, salah satunya Fatima Hemminger. 

Pilot wanita mungkin sudah biasa dilihat. Tapi berbeda dengan pilot perempuan kebanyakan yang ada di dunia, Fatima Hemminger merupakan perempuan muslim berhijab pertama yang menjadi pilot.

Melansir laman Isparonline, nama Hemminger tercatat sebagai Mayor Jenderal pilot di Angkatan Udara Amerika Serikat atau United States Air Force (USAF). ISAF sendiri merupakan sebuah cabang dari Angkatan Bersenjata yang ada di Amerika Serikat. Angkatan ini resmi dibentuk sebagai cabang angkatan bersenjata pada 18 September 1947 silam.

Sebelum menjadi cabang angkatan bersenjata, USAF awalnya adalah bagian dari Angkatan Darat Amerika Serikat. Namun, saat ini, ia merupakan angkatan udara termodern di dunia dengan lebih dari 9 ribu armada dan 352 ribu tentara di dalamnya.

Selain menjadi pilot pertama muslim yang menggunakan hijab, Fatima Hemingger juga menoreh prestasi lainnya di USAF. Dia menduduki posisi sebagai komandan angkatan kedua belas dalam Angakatan Udara Amerika Serikat tersebut.

Pengukuhan Hemminger tersebut dilakukan pada Selasa, 24 Juli 2018 lalu. Dengan begitu, nama Hemminger tercatat sebagai Mayor Jenderal muslim pertama, komandan kedua belas di Amerika Serikat serta Muslim Hijabi peringkat tertinggi di Angkatan Udara.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI