Sukabumi Update

Jangan Lakukan 7 Hal Ini bila Tak Ingin Dijauhi Rekan Kerja

SUKABUMIUPDATE.com - Di mana pun kita bekerja, pasti akan selalu ada rekan yang kurang disukai. Bisa saja karena perilakunya yang tidak baik, kepribadiannya yang tidak menyenangkan, atau kinerjanya yang buruk sehingga merepotkan rekan kerja yang lain.

Bagaimana bila ternyata Anda orang yang dimaksud? Itu bisa saja terjadi, terlebih bila Anda suka melakukan tujuh hal ini, seperti dilansir allwomenstalk.

1. Bekerja saat sakit
Anda datang ke kantor dalam keadaan sakit sama saja menyebarkan kuman penyakit ke kantor dan menularkannya kepada semua rekan kerja. Bila memang sedang sakit, sebaiknya beristirahat dan berobat dulu hingga kondisi membaik. Ini juga perhatian untuk para atasan untuk bersikap lebih bijak terhadap anak buahnya yang sakit. Sebaiknya jangan memaksa anak buah yang sedang sakit untuk tetap datang ke kantor dan bekerja. Pikirkan dampaknya.

2. Menjilat atasan
Mungkin Anda berpikir hal ini adalah hal biasa. Toh, meski menjilat, atasan tetap bersikap baik dan rekan kerja yang lain juga tampaknya tenang-tenang saja. Setidaknya, itu sikap mereka di depan Anda. Di belakang mungkin lain lagi ceritanya.

3. Cari perhatian
Setiap orang memiliki masalah, entah itu kesehatan, keuangan, keluarga, dan lain-lain. Terkadang tidak ada salahnya untuk berbagi cerita kepada teman namun dengan catatan sesekali saja, jangan terlalu sering. Ingat, yang memiliki masalah bukan cuma Anda. Teman-teman butuh waktu untuk bekerja dan harus berkonsentrasi mengerjakan pekerjaannya. Keluh kesah Anda bisa menjadi gangguan besar bagi mereka.

4. Jorok
Tidak akan ada orang yang ingin bekerja di tempat yang kotor dan penuh sampah. Oleh karena itu, jagalah selalu kebersihan meja kerja. Buang sampah pada tempat sampah, bersihkan debu dari meja, dan simpan dokumen dengan rapi.

5. Volume suara terlalu tinggi
Hormati orang-orang di sekitar. Pelankan suara saat mengobrol atau berbicara. Begitu pula ketika sedang menyetel musik. Pasang volume yang cukup untuk Anda seorang yang dengar, tak perlu sampai seantero ruangan ikut mendengarkan musik yang Anda mainkan. Ingat, orang lain butuh fokus dan berkonsentrasi pada pekerjaan mereka.

6. Mencuri hasil kerja orang lain
Bila bekerja dalam tim, penting untuk mengakui hasil kerja semua rekan yang berkontribusi. Tapi Anda malah mengakui dan mengklaimnya sebagai hasil jerih payah sendiri sehingga hanya Anda seorang yang diapresiasi. Kelak, rekan-rekan akan kapok dan enggan bekerja sama lagi. Tidak akan ada satu pun orang yang mau bekerja dengan orang yang curang, licik, dan culas.

7. Lalai mengerjakan tugas
Waktu bekerja delapan jam sehari, Anda mungkin hanya memenuhinya selama lima atau enam jam. Sisanya, Anda menghabiskannya untuk bermain dan bergosip. Parahnya, Anda melakukan itu di saat dikejar tenggat waktu, sehingga rekan kerja yang lain, atau bahkan atasan, sampai harus turun tangan mengerjakan tugas Anda.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI