Sukabumi Update

5 Jurus Ampuh Cari Kerja untuk yang Baru Lulus Sekolah

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah kamu baru lulus dan siap mau mencari kerja? Masih  bingung bagaimana mencari info lowongan kerja Indonesia? Tak perlu, simak 5 tips ini.

1.Mencari Pengalaman Melalui Magang
Banyak yang bilang kalau lowongan kerja indonesia itu melihat pengalaman kandidatnya. Lalu bagaimana jika kamu belum pernah mempunyai pengalaman? Jangan khawatir, melalui program magang atau ikut volunteer kamu akan dengan cepat belajar mengenai organisasi dan kultur kerja. Program magang juga banyak macamnya dan sudah pasti menarik. Tidak hanya belajar mengenai satu jenis pekerjaan, namun dengan magang kamu bisa observasi jenis pekerjaan apa yang kamu minati. Untuk kamu yang sedang mencari kesempatan magang, program The #1 Internship dari Glints menyiapkan kamu untuk masuk ke dunia kerja melalui magang dan dapatkan kesempatan menjadi karyawan full-time.

2. Datang ke Job Fair di Kampus
Biasanya job fair diadakan di kampus-kampus, jangan sampai melewatkan kesempatan itu! Karena melalui job fair kamu akan mengetahui info lowongan kerja Indonesia. Berbagai perusahaan akan membuka booth di sana, jadi kalau ke job fair jangan lupa siapkan CV dan bersiap mengikuti walk in interview. Siapa tahu kesempatan ada di sana!

3. Networking 
Untuk memudahkan mendapat info lowongan kerja indonesia, ada baiknya memperluas jaringan. Dengan jaringan yang luas, kamu akan mudah mendapatkan info lowongan kerja. Selain itu memperluas jaringan memberikan kesempatan untuk memahami jenis pekerjaan dari sudut pandang orang lain.

Namun, jangan salah, memperluas jaringan bukan berarti face to face aja. Kamu bisa membangun network dengan media sosial. Selain Instagram, Twitter dan Facebook, kamu juga bisa menggunakan Linkedin untuk berkoneksi dengan pekerja profesional atau sesama kandidat. 

4. Cari Lowongan Kerja Online 
Sekarang ini mencari info lowongan kerja Indonesia sangat gampang. Perusahaan lebih banyak mengiklankan lowongan kerjanya di situs pencarian kerja online. Kamu tinggal ketik nama pekerjaan yang dicari dan pasti banyak lowongan kerja Indonesia yang pop up. Namun perhatikan juga profil perusahaan sebelum melamar kerja dan jangan lupa untuk menggunakan situs pencarian kerja yang terpercaya.

5. Pelajari Teknik-Teknik Interview 
Tahap wawancara merupakan tahap selanjutnya jika sudah sukses melamar kerja. Jangan panik! Kini sudah banyak situs-situs yang menyediakan artikel atau pelatihan online untuk yang sedang mencari kerja. Contohnya CareerContessa yang menyediakan artikel seputar karir, networking hingga video coaching. Belajar untuk teknik wawancara dari sekarang, juga salah satu mempersiapkan diri dalam mencari lowongan kerja.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI