Sukabumi Update

Agar Rasa Jenuh Berbuah Ide Cemerlang, Hindari ini

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika melakukan pekerjaan yang itu-itu saja, sering kali rasa jenuh datang. Tapi jangan keburu sebal, karena ternyata kejenuhan bisa berbuah ide cemerlang. Menurut Sandi Mann, dosen psikologi dari University of Central Lancashire di Inggris, ada cara yang bisa dilakukan agar rasa jenuh dapat berbuah ide cemerlang.

Dilansir Time, Minggu, 6 Januari 2019, melakukan aktivitas yang membutuhkan sedikit atau tanpa konsentrasi adalah contoh yang pas. Cobalah jalan kaki di rute yang biasa, berenang atau bahkan hanya duduk dengan mata tertutup, dan membiarkan pikiran mengembara, tanpa musik atau rangsangan untuk membimbingnya.

Penting juga untuk menjauhkan diri dari gadget sementara waktu. Menurut Mann, keterikatan dengan gadget, secara paradoks menghancurkan kebosanan.

"Karena setiap kali mengeluarkan telepon, kami tidak membiarkan pikiran kami mengembara dan menyelesaikan masalah kami,” kata Mann.

Banyak orang yang kecanduan dengan konten baru  yang disediakan gadget, secara terus-menerus. "Toleransi kita terhadap kebosanan berubah sepenuhnya dan kita perlu semakin sering berusaha berhenti bosan."

Mann juga menyarankan agar menghindari relaksasi atau melakukan aktivitas yang menenangkan seperti yoga, saat jenuh datang. Sebab, aktivitas seperti itu dinilai membuat orang cenderung gagal menemukan stimulasi yang bisa melahirkan ide cemerlang.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI