Sukabumi Update

Ada Mitos Tinggi Kolesterol, Durian Justru Kaya Nutrisi

SUKABUMIUPDATE.com - Ada mitos yang beredar bahwa durian mengandung kolestrol tinggi. Hal itu membuat banyak orang takut mengonsumsi buah tropis berjuluk king of fruit ini. Tapi benarkah?

Dikutip dari Health Line, durian merupakan salah satu buah paling kaya nutrisi di muka Bumi. Satu gelas durian atau sekitar 243 gram, mengandung 80 persen vitamin C. Buah ini juga kaya akan magnesium, vitamin B, tembaga, folat, dan mangan.

Bagaimana dengan kolesterol atau lemak jahat? Kenyataannya buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol. Sebaliknya, durian justru memiliki sifat antilipidemik yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol serta lemak jahat (LDL) dalam darah. Dengan begitu, buah ini dapat mengurangi risiko aterosklerosis atau penumpukan plak pada dinding arteri bahkan pengerasan pembuluh darah.

Meski demikian, durian juga mengandung kalori tinggi sehingga jangan sampai kita kebanyakan makan buah yang bercita rasa manis legit ini. Dalam 243 gram durian, kandungan kalorinya mencapai  357.

Buah ini juga kaya akan antosianin, zat fenol, flavonoid, karotenoid yang menjadikannya sebagai antioksidan.

Dari sejumlah penelitian, durian diyakini dapat mengurangi risiko kanker karena memiliki kandungan antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas penyebab kanker. Indeks glikemiknya juga rendah dibandingkan buah tropis lainnya.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI