Sukabumi Update

Olahraga Lari Pengaruhi Perkembangan Otak? Simak Penjelasan Pakar

SUKABUMIUPDATE.com - Prefrontal cortex atau otak bagian depan merupakan salah satu bagian otak yang memiliki peran sangat penting bagi seseorang. Bagian otak ini berfungsi dalam proses mematangkan kemampuan mengambil keputusan hingga mengembangkan kepribadian serta sosialisasi. Para ahli yakin, perkembangan otak depan mengalami periode yang sangat penting di usia remaja.  

Lantas, apa yang mempengaruhi perkembangan prefrontal cortex? Dokter Sandi Perutama Gani menjelaskan, prefrontal cortex ini dipengaruhi oleh hormon endorfin. “Ini merupakan senyawa kimia yang produksinya tak bisa lepas dari tiga elemen, gen DCC, dopamin dan kortisol,” katanya pada 29 Januari 2019.

Untuk mendapatkan ketiga elemen penyusun hormon endorfin, dokter Sandi pun menyarankan agar seseorang menekan tingkat stres dan mengontrol emosi. “Selain itu juga bisa dibantu dengan melakukan aktivitas fisik,” katanya.

Kedua hal tersebut bisa dikerjakan secara bersamaan, yaitu dengan berlari. Dokter Sandi lantas menyebut bahwa olahraga lari merupakan hal termudah dan efisien untuk menunjang seluruh kebutuhan hormon endorfin. “Berlari bisa memenuhi gen DCC, domain dan kortisol. Ini berdampak bagi endorfin yang akhirnya merujuk pada perkembangan prefrontal cortex yang baik,” katanya.

Ia juga menyebutkan berbagai manfaat lain dari berlari. “Selain mengembangkan prefrontal cortex, lari juga dapat membantu kesehatan jantung, membakar lemak jahat dan manfaat baik lainnya,” katanya.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI