Sukabumi Update

Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Cari Pekerjaan Baru

SUKABUMIUPDATE.com - Ada saatnya Anda merasa frustasi karena satu dan lain hal, mungkin bahkan memiliki pemikiran bahwa Anda harus segera berhenti dari posisi pekerjaan saat ini dan mencari pekerjaan baru. Penyebabnya mungkin bisa datang dari rekan kerja yang tidak Anda sukai, mungkin Anda tidak cukup tertantang, atau mungkin Anda bermimpi mencoba jalur karier baru dan lainnya. Meskipun perasaan tentang pekerjaan ini hal yang normal, namun bagaimana cara mengetahui kapan saatnya untuk memutuskan berhenti bekerja atau mengganti pekerjaan.

Hal ini merupakan proses yang membutuhkan penyelidikan internal. Pelatih pencari kerja Suzanne O'Brien mengatakan bahwa ada tiga elemen utama untuk pekerjaan yang ideal, yaitu orang-orang yang bekerja dengan Anda, pekerjaan yang Anda lakukan (fungsi pekerjaan Anda), dan alasan Anda melakukannya.

"Secara umum, jika Anda menyukai dua dari tiga bidang ini, dan Anda melihat peluang untuk pertumbuhan dan promosi, mungkin layak untuk tetap bertahan. Jika Anda hanya merasa bahagia dalam satu dari tiga bidang ini, inilah saatnya untuk pinda, " kata O'Brien, seperti dilansir dari laman Bustle. "Ada sesuatu yang lebih baik di luar sana untukmu."

Membuat daftar dan mempertimbangkan yang baik dan buruk dari semua kategori ini adalah cara yang membantu untuk memperjelas pemikiran dan perasaan Anda tentang posisi tersebut. Hal lain yang perlu dipertimbangkan, pada tingkat dasar, adalah bagaimana perasaan Anda, seperti bagaimana tingkat stres, tugas, orang, atau lingkungan tempat kerja Anda memengaruhi kesejahteraan secara keseluruhan.

"Jika Anda merasa takut pergi bekerja di pagi hari lebih dari biasanya, atau Anda memiliki motivasi rendah dan Anda menunda-nunda lebih dari biasanya, ini semua adalah tanda-tanda bahwa tubuh Anda memberi tahu Anda untuk melihat apa yang terjadi dalam keseharian Anda," kata terapis dan pekerja sosial, Alisha Powell, PhD, LCSW.

Pertimbangan lainnya bisa jadi tidak ada peluang untuk pertumbuhan karier atau mobilitas ke atas dalam posisi Anda saat ini, tentu dapat menyebabkan perasaan stres atau hanya membuat Anda lelah. Demikian pula, jika lingkungan kerja tidak mendukung lagi dan tidak merasa tim sesuai visi misi Anda, ini bisa sangat mengecewakan. Jika tidak ada yang lain, itu berarti saatnya untuk benar-benar mengetahui posisi Anda dan apa yang Anda inginkan dari lingkungan kerja.

Sekarang, jika Anda benar-benar ingin berganti pekerjaan atau merasa sangat buntu, ketahuilah bahwa mungkin ini saatnya mengubah keadaan walaupun mungkin tampak menakutkan. Namun hal yang penting sebelum memutuskannya adalah mempertimbangkan kembali posisi pekerjaan Anda saat ini. “Ketika Anda mencari pekerjaan baru, Anda mungkin tergoda untuk membela diri dalam posisi pekerjaan Anda saat ini, atau menginginkan promosi dan kenaikan gaji,” kata O'Brien.

O’Brien menambahkan ini saatnya Anda bernegoisasi, berbicara untuk nama sendiri. Sekali lagi, apakah Anda memutuskan untuk keluar dari situasi kerja secepatnya, atau hanya perlu mengkalibrasi ulang di mana Anda berada, semuanya baik-baik saja. Ketahuilah bahwa Anda layak mendapatkan lingkungan kerja yang membuat Anda merasa berguna dan dihargai.

Sumber: TEMPO.CO

Editor : Yusuf

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI