Sukabumi Update

Susah ke Salon Saat Wabah Corona? Tips Potong Rambut Bagi Pria

SUKABUMIUPDATE.com -  Memasuki pekan ketiga isolasi mandiri di rumah, banyak pria yang mulai kebingungan untuk memotong rambut mereka. Dilansir dari tempo.co, sebab di tengah wabah virus corona, aktivitas di luar rumah termasuk ke salon pun sebaiknya dihindari terlebih dahulu. Namun, bukan berarti tak ada yang bisa dikerjakan untuk mengatasi masalah ini.

Situs Men’s Health dan Esquire pun membagikan tips mudah bagi para pria yang ingin merapikan rambut sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa langkah diantaranya.

Siapkan peralatan untuk memotong rambut

Sebelum memotong rambut sendiri, langkah pertama yang harus dikerjakan adalah menyiapkan seluruh peralatan. Ini termasuk penjepit atau kuncir rambut, sisir, gunting, cukur, dan cermin. Diharapkan ketiganya lengkap karena setiap alat memiliki fungsi masing-masing. Misalnya penjepit untuk memisahkan rambut satu dan lainnya, gunting untuk memotong dan cermin untuk melihat penampakan rambut dua sisi.

Cuci rambut dan biarkan basah

Setelah peralatan siap, Anda harus mencuci rambut. Tujuannya agar rambut baru sekaligus bersih. Kemudian, tinggalkan rambut dalam keadaan basah atau setengah kering untuk memudahkan Anda memotong rambut. Sebab rambut yang sedikit dan lembab akan lebih gampang ditata serta diberi model.

Potong bagian rambut mulai dari bawah ke atas

Saat akan memotong, bagi rambut menjadi tiga bagian yakni bawah, tengah atas. Masing-masing dipisahkan dengan menggunakan penjepit atau ikat rambut. Kemudian mulailah dari bagian paling bawah. Ini adalah bagian tersulit jadi pastikan potongan Anda rata karena mempengaruhi hasil akhir.

Lalu, naikkan perlahan ke arah sekitar telinga dan tengah. Hati-hati agar tidak melukai bagian kulit di sekitar indera pendengaran Anda. Terakhir, barulah potong rambut bagian atas dengan bantuan sisir agar lebih rapi.

Rapikan rambut yang sudah dipotong dengan cukur

Usai memotong rambut dengan gunting, kini saatnya cukur bekerja. Cukup gerakkan cukur mengitari ujung-ujung rambut. Mulai dari batang leher hingga sekitar telinga. Jika Anda ingin menambahkan variasi tipis di bagian pinggir kepala, Anda juga bisa menggunakan cukur sesuai keinginan.

Keringkan rambut dan beri vitamin

Rangkaian memotong rambut akan selesai dengan tahap pengeringan. Setelah Anda yakin dengan hasil potongan, maka silahkan mengeringkan rambut dengan pengering rambut. Untuk menjaga kesehatan rambut pula, jangan lupa usapkan vitamin ke seluruh permukaan rambut Anda.

Sumber: Tempo.co

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI