Sukabumi Update

Jaga Kesehatan Mental, Orangtua Jadi Benteng Anak Agar Tidak Stres

SUKABUMIUPDATE.com - Orang tua menjadi benteng untuk anak-anak dalam situasi pandemi Covid-19. Anak-anak yang menjalani sekolah dari rumah perlu dukungan orang tua agar tidak mudah bosan bahkan stres selama masa karantina mandiri akibat wabah virus corona Covid-19.

Dilansir dari suara.com, menurut psikolog, orang tua pula yang menjadi kunci semangat bagi anak-anak. Karena itu, menjadi tugas orang tua agar tetap menjaga semangatnya sendiri.

"Orang tua harus tetap optimis. Jangan kebiasaan ngomong stres depan anak, 'aduh ada tetangga meninggal', jangan bikin takut. Saya tidak mengajarkan bohong tapj kita harus jaga kondisi mental kita," kata psikolog Elizabeth Santosa dalam M&B Insta Live di Instagram, Senin (13/4/2020).

Elizabeth mengingatkan agar orang tua harus tetap merasa senang agar perasaan tersebut juga menular kepada anak. Menurutnya, prinsip mendidik anak adalah dengan menjadi orang tua panutan.

"Jangan menjadi sempurna. Kalau saya salah, saya akan minta maaf. Cara mendidik yang baik adalah menjadi teladan," kata Elizabeth.

Daripada terus-menerus menasihati anak, ia menyarankan sebaiknya orang tua langsung memberi contoh dengan perilaku yang baik.

"Kalau kita bilang jangan bermain handphone, tapi kita sendiri gak berhenti-henti," ucapnya.

Diakui Elizabeth, tidak ada aturan tertulis menjadi orang tua yang baik dalam mendidik anak. Baginya, menjadi orang tua merupakan sebuah proses yang tidak akan berhenti untuk terus belajar.

 

Sumber : suara.com

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI