Sukabumi Update

Belajar di Rumah, 5 Cara Ini Bikin Anak Jadi Suka dan Menguasai Matematika

SUKABUMIUPDATE.com - Matematika adalah salah satu pelajaran pokok para siswa di sekolah. Tapi mata pelajaran ini dianggap sebagai pelajaran yang sangat menyulitkan, karena membuat siswa harus berpikir ekstra keras.

Melansir dari suara.com, bahkan saking menakutkannya, banyak anak mengalami fobia terhadap pelajaran ini. Fobia itu disebut numerophobia atau arithmophobia. Bagaimana caranya agar anak tidak takut, dan buat anak mampu menguasai pelajaran matematika?

Diwartakan laman The Asian Parent, Rabu (15/4/2020) setidaknya 5 cara ini akan membantu anak lebih bisa berdamai dengan pelajaran matematika. Apa saja?

1. Jadi contoh yang baik

Anak-anak adalah peniru. Nah, saat anak takut pada matematika, bisa jadi orangtua juga memiliki pandangan yang sama terhadap mata pelajaran itu. Maka cobalah untuk memberikan contoh, dan jangan menganggap diri Anda tidak pandai matematika.

"Orangtua yang menganggap diri mereka tidak pandai matematika. Ketika mereka mencoba membantu anak mengerjakan PR, maka kecemasan terhadap matematika juga ikut menular," ujar Azadeh Jamalian dari perusahaan perangkat lunak belajar, Tiggly.

2. Buatlah belajar jadi menyenangkan

Lawanlah perspektif banyak orang tentang matematika, dan buat mata pelajaran ini jadi menyenangkan. Ada banyak caranya, misalnya saja orangtua bisa menggunakan lego untuk mengajari mereka tentang pecahan atau mengajari mereka dengan origami agar mereka menyukai geometri.

3. Hubungkan matematika dengan dunia nyata

Anak-anak sering merasa matematika tidak berguna, sehingga mereka menganggap matematika tidak dibutuhkan dalam kehidupan nyata. Tunjukkan cara praktis perhitungan matematika dan libatkan anak-anak Anda sebisa mungkin.

Misalnya, anak bisa dilibatkan saat berbelanja, untuk menghitung barang di dalam keranjang. Atau membiarkan anak menjumlahkan tagihan saat makan di restoran.

4. Temukan jenis matematika yang disukai

Orangtua harus tahu, keterampilan matematika apa yang bisa anak ambil di umurnya. Pantau pekerjaan rumah anak dan perhatikan bagaimana anak menyelesaikan masalah persamaan dalam matematika.

5. Gunakan buku matematika

Cara terbaik memacu minat anak, ialah dengan membaca buku tentang matematika bersama-sama. Melalui buku, anak bisa memahami matematika dan seperti apa cara kerjanya. Bukan sekedar menghapal, tapi ia paham betul bagaimana dan seperti apa cara menerapkannya.

 

Sumber : suara.com

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI