Sukabumi Update

Boros Listrik saat #dirumahaja, Atasi dengan 5 Cara Ini

SUKABUMIUPDATE.com - Hampir satu bulan, warga kota Jakarta dan sekitarnya melakukan aktivitas dari rumah. Berada untuk tetap di rumah saja adalah bentuk pencegahan penularan virus corona. Apakah lebih lama berdiam diri di rumah mengakibatkan tagihan listrik Anda semakin mahal?

Dilansir dari tempo.co, memang secara tidak sadar, seluruh aktvitas tak akan lepas dari penggunaan tenaga elektrik. Agar bisa mengelola listrik dengan baik sehingga tak menyebabkan boros tagihan listrik, situs Alliance for Innovation and Infrastructure dan UK Power pun membagikan tips jitunya.

Memanfaatkan cahaya dari luar ruangan

Selama matahari masih di atas awan alias dari pagi hingga sore hari, sangat disarankan untuk mematikan semua lampu di dalam rumah. Sebagai alternatif pencahayaan, gunakan sinar alami dari jendela dan pintu ruangan-ruangan di rumah Anda.

Gunakan pendingin ruangan dengan suhu ruangan

Salah satu tantangan di rumah terjadi saat udara semakin panas dan lembab. Memang, penggunaan AC diperbolehkan. Namun patut dipahami agar memilih temperatur yang sesuai dengan suhu ruangan, yakni 25 derajat celsius. Sebab, penurunan suhu dua di bawah normal saja sudah menaikkan tagihan listrik sebanyak lima persen.

Melepas semua colokan listrik yang tidak terpakai

Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk yang malas melepas colokan listrik dari stop kontak. Sebab nantinya, Anda pun akan menggunakannya kembali misalnya untuk mengisi daya gadget. Namun ternyata, kebiasaan ini sangat merugikan karena kabel yang masih menempel akan terus mengalirkan aliran listrik, meski tidak digunakan. Alhasil, tagihan pun meningkat dengan sia-sia lantaran tak dipakai.

Mencuci pakaian dengan mesin di malam hari

Banyak orang tidak sadar bahwa ini adalah salah satu trik yang paling ampuh untuk menghemat biaya listrik. Apa hubungannya? Jadi, setiap biaya listrik akan mengikuti pergerakan masyarakat. Dalam artian, saat mereka aktif beraktivitas, biaya listrik pun meningkat. Sedangkan saat malam hari dengan aktivitas terbatas, biaya listrik pun tidak terlalu tinggi.

Hal ini membuat ada perbedaan biaya saat Anda menyalakan lampu di siang dan malam hari. Jadi jika ingin berhemat saat di rumah saja dan ingin mencuci pakaian dan aktivitas lain dengan listrik, lebih disarankan untuk melakukannya pada malam hari.

Pilih salah satu hiburan saja

Terkadang, orang suka menyalakan televisi namun tidak ditonton. Ada pula orang-orang yang memutar radio atau bermain handphone secara bersamaan, yang nyatanya hanya fokus pada satu alat saja. Padahal, barang-barang elektronik ini membutuhkan tenaga listrik yang bisa memberatkan tagihan Anda.

Jadi, inilah saatnya untuk Anda berlatih menjadi lebih berhemat dengan memilih salah satu alat hiburan saja. Jika ingin menonton tv, maka hilangkan aktivitas bermain gawai dan menyalakan radio. Begitu pula saat sedang ingin menggunakan telepon genggam, matikan televisi dan radio.

 

Sumber : tempo.co

 

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI