Sukabumi Update

Pandemi Covid-19 Bisa Bikin Anak Stres, Ini yang Bisa Orangtua Lakukan

SUKABUMIUPDATE.com - Orangtua perlu menyadari bahwa sangat mungkin bagi anak untuk mengalami stres terutama di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Melansir dari suara.com, jika orang dewasa memiliki kemampuan memahami kondisi stres dan bisa mencari 'pelarian' untuk mengatasinya, teori yang sama tidak berlaku bagi anak-anak.

Mereka masih membutuhkan peran orangtua untuk mengontrol stresnya agar tak berujung depresi jika terus dibiarkan. 

Untuk itu, orangtua bisa melakukan beberapa cara membantu anak melewati masa melelahkan ini sebagaimana yang telah dialihbahasakan Suara.com dari situs Hello Magazine.

1. Luangkan waktu untuk mereka

Orangtua pasti memiliki kesibukan, tetapi penting untuk menyisihkan lebih banyak waktu dari biasanya dengan anak-anak jika Anda pikir mereka sedang khawatir tentang sesuatu.

Lakukan kegiatan menyenangkan bersama anak Anda atau cukup berada di ruangan yang sama dengan mereka. Tanyakan tentang aktivitasnya dan tunjukkan minat Anda pada hal-hal yang penting bagi mereka.

Tetapi jangan memaksa mereka untuk membicarakan hal yang membuat anak stres. Sebab anak akan terbuka dengan sendirinya ketika sudah merasa nyaman membicarakannya dengan Anda.

2. Pastikan anak tidur cukup

Tidur dan istirahat dengan jumlah yang tepat dapat membantu anak menjadi lebih tahan terhadap stres. Anak-anak membutuhkan jumlah tidur yang berbeda sesuai usianya.

3. Beri mereka makanan sehat

Cobalah untuk memastikan mereka makan setidaknya lima porsi variasi buah dan sayuran setiap hari. Jika anak Anda tidak ada masalah dengan buah dan sayur apa pun, Anda bisa menyajikan berbagai makanan variatif yang bergizi seimbang.

4. Beri edukasi tentang stres

Ada baiknya memberi tahu anak-anak bahwa beberapa tingkat stres adalah normal dalam kehidupan dan setiap orang pernah mengalami. Orangtua dapat menjelaskan bahwa tidak apa-apa untuk mengalami stres.

Penjelasan itu dapat memberi anak kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk mengelola tingkat stresnya. Jika itu membantu, coba bicarakan tentang saat-saat Anda mengalami stres dan jelaskan bagaimana Anda menanganinya.

5. Tetap lakukan aktivitas fisik

Aktivitas fisik dapat membantu anak-anak dan orang dewasa mengelola stres. Jadi pastikan anak-anak Anda banyak berolahraga. Hal-hal lain yang bisa dicoba bersama anak termasuk teknik relaksasi atau juga latihan pernapasan.

 

Sumber : suara.com

Editor : Muhammad Gumilang Gumilang

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI