Sukabumi Update

Sering Main Gawai, Ini Tips Jaga Kesehatan Mata

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu kegiatan yang mungkin menyita waktu selama di rumah saja akibat mewabahnya virus corona adalah bermain gawai. Dilansir dari tempo.co, dawai memang memiliki ikatan yang kuat dalam setiap aktivitas, termasuk untuk bekerja hingga tetap terhubung dengan keluarga dan sahabat yang jauh.

Sayangnya, penggunaan gawai secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan baru untuk mata, mulai dari mata merah, mata kering, mata berair, bahkan buram. Situs Times of India dan My Weekly membagikan beberapa tips agar mata tetap terjaga selama bermain gawai di rumah.

Menetapkan aturan 20-20-20

Agar mata tetap rileks saat bermain gawai, coba terapkan aturan 20-20-20. Jadi, beristirahatlah selama 20 detik, setiap 20 menit, dan berkonsentrasilah pada objek yang berjarak 20 kaki atau sekitar 6 meter. Trik ini tidak hanya akan mencegah mata dari ketegangan digital tetapi juga akan membuatnya rileks dari waktu ke waktu.

Olahraga mata

Sangat penting untuk melakukan beberapa latihan untuk menenangkan mata yang tegang. Salah satunya dengan memegang pensil sejauh lengan dan berkonsentrasilah pada itu. Gerakkan ke sana ke mari dengan tangan dan sesekali dekatkan pula ke wajah. Cukup 2-3 menit saja melakukan hal ini akan sangat efektif untuk memulihkan kesehatan mata.

Pijat area mata

Untuk mata yang tegang, memijatnya adalah langkah terpenting. Caranya, pertahankan telapak tangan di mata dan pijat dengan lembut dengan gerakan memutar. Pijat juga alis serta area di bawah mata. Pijatan akan membantu membuat mata rileks secara maksimal.

Pakai masker mata dari mentimun

Trik kuno yang masih berguna untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menggunakan masker dari mentimun. Anda cukup memotong dua irisan mentimun dan letakkan di atas kelopak mata yang tertutup. Lalu, biarkan selama 5-7 menit. Dijamin, ini akan membantu menenangkan mata.

Sumber: Tempo.co

Editor : Budiono

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI