Sukabumi Update

Wajib Tahu, Ini Pentingnya Pengasuhan Responsif di Periode Emas Anak

SUKABUMIUPDATE.com - Masa balita seringkali disebut sebagai periode emas bagi si kecil. Pada usia 0-5 tahun, proses tumbuh kembang terjadi dengan sangat pesat.

Hal tersebut pada gilirannya, akan menentukan kualitas hidup anak di masa mendatang. Lalu, apa yang harus dilakukan orangtua agar periode emas bagi si kecil dapat berjalan sehingga seluruh tahapan penting pertumbuhan dan perkembangan buah hati tidak ada yang terlewat?

Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang dan pediatri sosial di RS Pondok Indah, dr. Catharine Mayung Sambo, Sp.A (K), menjelaskan, selain mengamati pertumbuhan fisiknya, penting juga memonitor perkembangan motorik dan sensorik anak, orangtua bisa menerapkan pola asuh responsif.

"Pola asuh responsif sendiri merupakan pola asuh yang dapat membantu memenuhi kebutuhan asuh, asih, asah yang sangat penting untuk tumbuh kembang optimal anak," jelasnya dalam webinar yang diselenggarakan RSPI belum lama ini.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan orangtua dalam pengasuhan responsif. Pertama ialah pengamatan, di mana orangtua bisa lebih peka terhadap isyarat anak, seperti gerakan dan vokalisasinya.

Kedua ialah penafsiran, di mana orangtua harus bisa menafsirkan sinyal secara akurat. Misalnya, menyadari bahwa saat bayi menangis, dia mungkin lelah dan butuh istirahat.

Serta yang terakhir ialah tindakan, di mana orangtua harus bertindak cepat, konsisten, dan efisien untuk memenuhi kebutuhan anak.

Sumber: Suara.com

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI