Sukabumi Update

Hari Buah Sedunia 2020, Ini 7 Buah Lokal yang Kaya Manfaat

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Buah Sedunia atau Hari Buah Internasional diperingati pada 1 Juli setiap tahunnya. Pertama kali diselenggarakan di Berlin, Jerman pada 2007, hari spesial ini dibuat bertujuan untuk mengajak lebih banyak orang berbagi buah dan sayur dengan sesama. 

Agar, semua orang bisa mengonsumsi makanan segar yang sehat, serta terjalin solidaritas yang kuat. Dalam rangka Hari Buah Sedunia ini, ketahui yuk buah lokal yang kaya manfaat yang sudah suara.com rangkum:

1. Manggis

Buah dengan rasa asam manis ini dikenal memiliki banyak manfaat. Misalnya, pada daging buahnya yang berwarna putih, memiliki kandungan antioksidan, antibiotik dan antivirus yang tinggi. Buah ini dapat meredakan kelelahan dan mengatasi masalah vertigo.

2. Belimbing

Buah unik yang memiliki bentuk seperti bintang ini juga merupakan buah lokal dengan kandungan vitamin E yang tinggi. Tak hanya untuk kesehatan kulit, buah ini juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

3. Salak

Buah dengan kulit bersisik ini memiliki bentuk dan rasa yang unik. Salak juga memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor dan zat besi.

Tidak mengherankan jika buah salak memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mulai dari meningkatkan kecerdasan otak, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan mata.

4. Jambu air

Sesuai dengan namanya, jambu air merupakan buah yang kaya kandungan air dan menyegarkan. Jambu air mengandung vitamin C dan protein nabati yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit. Serta dapat menurunkan kadar kolesterol.

5. Rambutan

Pada musimnya, rambutan bisa dengan mudah dijumpai. Buah ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang menjaga tubuh dari radikal bebas. Kandungan karbohidrat dan proteinnya bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan dan imunitas tubuh.

6. Duku

Berukuran kecil dan berdaging manis membuat duku menjadi buah favorit banyak orang. Tak hanya itu, buah duku juga mempunyai nilai gizi yang lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, lemak, mineral, kalsium, fosfor, dan juga zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Duku juga bisa menguatkan gigi, mencegah penyakit kanker dengan kandungan hingga mengatasi diare.

7. Sawo

Tumbuhan khas Indonesia yang memiliki bentuk bulat dan berwarna coklat memiliki rasa yang manis dan kandungan air yang cukup banyak. Sawo kaya akan karbohidrat karena 20 persen bagiannya terdiri dari gula.

Tumbuhan khas Indonesia yang memiliki bentuk bulat dan berwarna coklat memiliki rasa yang manis dan kandungan air yang cukup banyak. Sawo kaya akan karbohidrat karena 20 persen bagiannya terdiri dari gula.

sumber: suara.com

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI