Sukabumi Update

Tips Bikin CV Supaya Lebih Menarik Dipanggil Interview!

SUKABUMIUPDATE.com - Curriculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup itu ibarat 'tiket emas' yang bisa meloloskan Anda untuk bekerja di perusahaan yang Anda lamar. Jadi, jika CV Anda terlihat baik dan menjual, proses rekrutmen awal tentu akan lebih lancar.

Sayangnya, sebagian besar orang tidak memahami bagaimana membuat CV yang baik dan menjual. Mereka hanya fokus pada data diri dan menulis pengalaman kerja sebanyak-banyaknya tanpa melihat kolerasi antara posisi yang akan dilamar.

Dilansir dari Suara.com, terkait hal ini, warganet bernama @fierza, yang diketahui berprofesi sebagai Digital Marketing dan Company Branding, serta pemilik dan pendiri sebuah platform brnama DeepTalk berbagi tips dalam membuat CV yang dapat menarik di akun Twitter miliknya.

"Nulis CV tuh kayak jualan. Jadi kita juga pakai prinsip berjualan. Here's a key: Don't tell what you can't sell, don't sell what you doubt yourself," tulis dia dalam sebuah utas.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti dari Fierza berikut ini.

1. Perhatikan Alur

Biasakan untuk membuat alur yang baik pada CV dan jangan melompat-lompat. Misalnya kata Fierza, urutkan dari yang terbaru. Apapun itu, mulai dari pendidikan, pengalaman kerja, organisasi, dan lainnya.

Kenapa? Karena ini akan memudahkan rekruter yang ingin mengetahui, sebelum Anda melamar ke perusahaannya, di mana Ajda bekerja dan apa yang Anda kerjakan.

"Kalau kamu lamar posisi Akuntan, yang nongol TK apa relevan? They don't have that much time wander," pungkasnya.

2. Deskripsi

Deskripsi yang menceritakan detil mengenai dirimu adalah yang penting. Sayangnya, bagian ini malah sering hilang dalam CV.

"Rekruter perlu tau kalian itu ngapain aja. Apakah yang kalian lakukan di masa lalu itu relevan dengan pekeriaan yang akan kalian hadapi dengan perusahaan nantinya.

Tips membuat deskripsi, kata Fierza ialah dengan menulis jobdesc, hal yang Anda lakukan selama bekerja di perusahaan lain atau organisasi lain. Kedua, peralatan yang Anda biasa pakai untuk bekerja, misalnya Photoshop, Illustrator, dan lainnya.

Ketiga ialah dengan menjelaskan bagaimana Anda melakukan pekerjaan dengan alat-alat tersebut, apa keahlian Anda, dan bagaimana hasilnya.

3. Sebutkan keahlian

Anda mungkin memiliki banyak keahlian. Tapi, ingatlah untuk menaruh hal yang relevan dan menjual untuk posisi yang kamu lamar saja.

"Other than that should be on the Don'ts list," pesan dia.

Bagaimana, tips bikin CV ini sudah siap kamu coba?

Sumber: Suara.com

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI