Sukabumi Update

5 Tips Atasi Cemburu Berlebihan yang Bikin Hubungan Tak Sehat

SUKABUMIUPDATE.com - Wajar jika Anda sesekali merasa cemburu terhadap pasangan. Tapii jika berlebihan akan menyebabkan konflik dan memperburuk hubungan dengan pasangan. Bahkan bisa membuat pasangan kehilangan banyak momen bahagia.

Mengutip Tempo.co, di era digital ini, seringkali penyebab cemburu berlebihan adalah media sosial. Beberapa orang sulit membedakan informasi mana yang benar dan salah, yang dapat memicu rasa cemburu berlebihan.

Namun untuk menaklukan rasa cemburu berlebihan terhadap pasangan bukanlah hal mudah, terlebih jika tak ada komunikasi dan keterbukaan. Sebab itu, untuk bisa mengendalikan rasa cemburu berlebihan membutuhkan kedewasaan emosional. Berikut ini beberapa cara mengatasi cemburu berlebihan yang bisa Anda terapkan secara perlahan. 

Cara mengatasi cemburu berlebihan terhadap pasangan

1. Komunikasikan dengan pasangan

Tak ada salahnya mengomunikasikan rasa cemburu dengan pasangan. Meski tidak akan mudah dan rentan menyebabkan pertengkaran, namun kedua belah pihak dalam suatu hubungan sama-sama perlu tahu solusi dari siklus cemburu berlebihan yang terus berulang ini. Selain itu, buat kesepakatan tentang batasan apa saja yang perlu dijaga. Di sinilah komitmen diperlukan. Diskusikan apa akar masalah yang menyebabkan pasangan menjadi cemburu, lalu cari titik temu agar akar masalah ini tidak terus menerus menyulut kecemburuan.

2. Kenali rasa cemburu dan relakan

Kerap kali, orang yang merasa cemburu justru mengelak dan menganggap apa yang dirasakannya bukanlah cemburu. Ini tidak tepat. Sebaliknya, yang harus dilakukan adalah mengenali sekaligus memberikan validasi terhadap rasa cemburu.

Setelah mengenali rasa cemburu, katakan kepada diri sendiri bahwa emosi negatif ini tidaklah diperlukan. Tarik napas panjang dan buang napas bersamaan dengan membuang rasa cemburu dalam hati. Ulangi sesering mungkin hingga benar-benar merelakan rasa cemburu itu.

3. Ingat sifat positif diri sendiri

Jangan biarkan diri terkungkung dalam rasa cemburu berlebihan yang justru membuat Anda akan berperilaku negatif. Entah itu marah, lari dari masalah, hingga melampiaskan emosi pada hal yang sama sekali tidak berkaitan. Ingatlah kembali apa saja sifat positif diri sendiri. Apa yang membuat Anda dicintai orang lain. Dengan demikian, rasa cemburu akan menjadi reaksi manusiawi dan hanya berlangsung sementara saja.

4. Prioritaskan emosi yang sehat

Terkadang, seseorang bisa menjadi cemburu berlebihan terhadap pasangan meskipun tidak ada hal yang memicunya. Pun ketika pasangan tidak melakukan hal apapun yang menyimpang seperti kerap berbohong atau berselingkuh, rasa cemburu tetap bisa menghantui.

Untuk itu, buatlah prioritas emosi apa yang harus dilatih setiap harinya. Ini penting demi kesehatan fisik, emosi, dan mental. Semakin terbiasa memprioritaskan emosi yang sehat, akan semakin mudah menyingkirkan rasa cemburu berlebihan.

5. Kembangkan rasa percaya diri

Terkadang, insecurity atau rasa tidak percaya diri membuat seseorang mudah merasa cemburu. Bahkan, seseorang bisa dengan mudah membandingkan bagaimana sosok dirinya dengan orang lain yang mungkin menjadi target kecemburuan.

Untuk mengalihkan seluruh energi negatif ini, kembangkan rasa percaya diri dengan menguasai skill baru. Tak harus skill yang muluk-muluk, setidaknya belajar untuk menghargai diri sendiri atau self love agar rasa percaya diri terbangun sedikit demi sedikit.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI