Sukabumi Update

Kopi Hitam dan Teh Hijau Membantu Turunkan Berat Badan, Mana yang Lebih Baik?

SUKABUMIUPDATE.com - Teh hijau dan kopi hitam sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan. Kedua minuman tersebut merupakan alternatif yang lebih sehat untuk teh biasa dan kopi manis. Minuman ini mengandung lebih sedikit kalori dan lebih banyak nutrisi sehat. 

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minuman ini meningkatkan metabolisme dan mempercepat proses pembakaran lemak Selain itu, minuman hangat ini memiliki khasiat lain yang meningkatkan kesehatan. Namun, mana yang lebih efektif dalam hal menurunkan berat badan?

Dilansir dari Times of India, Senin, 14 September 2020, Teh hijau mengandung kafein dan sejenis flavonoid yang disebut katekin. Katekin sebenarnya adalah sejenis antioksidan. Studi menunjukkan bahwa senyawa ini dapat membantu mempercepat metabolisme juga efektif memecah lemak berlebih di tubuh.

Sebuah studi kecil yang dilakukan pada 2010, mengungkapkan bahwa suplemen teh hijau dapat berdampak positif pada orang yang mencoba untuk menurunkan dan mengontrol berat badan.

Selain itu, teh hijau dianggap aman dikonsumsi tetapi dosis hariannya tidak boleh lebih dari 2 hingga 3 cangkir. Tapi, teh ini juga mengandung sejumlah kafein. Asupan kafein yang berlebihan dalam sehari dapat menyebabkan masalah tidur dan berbahaya bagi orang yang menderita masalah jantung.

Selain membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Teh ini mengandung vitamin B, folat, magnesium, dan flavonoid, yang dikaitkan dengan bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, meningkatkan fungsi jantung, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, dan mengelola diabetes tipe 2.

Lalu, bagaimana dengan kopi hitam? Sama seperti teh hijau, kopi juga memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti meningkatkan kewaspadaan dan menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Kopi hitam adalah versi yang lebih sehat karena tak ditambahkan krim dan gula. Minuman ini sering dimanfaatkan orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan. Namun, jika meminumnya berlebihan bisa memiliki beberapa efek kesehatan yang negatif.

Mengandung kafein, kopi hitam dapat meningkatkan aktivitas metabolisme dan meningkatkan energi dalam tubuh. Aktivitas metabolisme yang tinggi dapat menekan rasa lapar dan mencegah ngemil yang tidak sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan laju metabolisme 3 hingga 11 persen.

Selain itu, kopi hitam sarat dengan nutrisi dan antioksidan. Ini mengandung vitamin B2, B3, B5, mangan, kalium dan magnesium. Asupan kopi hitam secara teratur dapat membantu meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kinerja tubuh saat olahraga. Namun lebih dari 2 cangkir kopi hitam dalam sehari bisa berisiko bagi kesehatan.

Jadi, mau pilih kopi hitam atau teh hijau?

Sumber: Tempo.co

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI