Sukabumi Update

4 Perilaku yang Diajarkan kepada Anak dengan Memberi Contoh

SUKABUMIUPDATE.com - Anak-anak banyak belajar dari lingkungannya. Seperti tanah liat, karakter mereka mudah dibentuk seseuai keinginan orang tua. Anda dapat memberinya ceramah tentang bagaimana menjadi orang yang baik. Tapi faktanya, dia mencontoh apa yang dilakukan orang dewasa, terutama orang tua mereka. 

Berikut 4 hal yang harus dilakukan sendiri oleh orang tua untuk memberikan contoh yang tepat bagi anak, mengutip Tempo.co dari Times of India, Jumat, 18 September 2020. 

1. Bersyukur

Jika mengikuti keinginan, rasanya semua tak pernah cukup. Jadi, penting mengingat dan menghitung berkah yang diterima. Ungkapkan rasa syukur atas makanan, rumah yang melindungi dari panas dan hujan, dan bahkan untuk hari yang baik.

Jadikan itu ritual dan buat anak mempraktikkannya bersama Anda. Simpan jurnal rasa syukur dan buat catatan baru setiap hari sebelum tidur. Ini tidak hanya akan membantu Anda terikat dengan anak tetapi akan membuat mereka menghargai setiap hari yang mereka lalui.

2. Perilaku setara

Ajari anak tentang bagaimana mereka harus memperlakukan perbedaan jenis kelamin secara setara. Anda dapat melakukannya dengan membuat beberapa perubahan di rumah, misalnya bagilah tugas rumah tangga antara putra dan putri secara merata. Ini akan membuat mereka mengerti bahwa tidak satu pun dari mereka memiliki keunggulan atas yang lain dan akan selalu diperlakukan setara.

3. Bersikap hormat dan sopan

Jika memiliki masalah temperamen, jangan heran jika anak Anda juga memiliki karakter yang sama. Demikian pula cara Anda berbicara dan berperilaku juga ditiru oleh anak. Itulah sebabnya mengapa memberikan teladan yang tepat untuk pikiran polos mereka sangat penting.

Bicaralah dengan sopan kepada semua orang di sekitar Anda, hormati orang-orang dari segala usia dan anak akan melakukan hal yang sama. Buatlah anak mengerti bahwa hanya kerendahan hati dan sifat suka menolong yang akan membuatnya dihormati di semua bidang kehidupan.

4. Membantu orang lain

Kebaikan dimulai dari rumah. Anda tidak perlu menyumbangkan uang dalam jumlah besar untuk mengajari anak-anak untuk membantu orang lain. Bawa mereka ke panti jompo, ajak mereka ambil bagian dalam kegiatan amal, atau biarkan mereka menjadi sukarelawan di acara amal. Kegiatan ini tidak hanya akan mengajarkan mereka tentang kemanusiaan tetapi juga akan menanamkan di dalamnya perasaan melakukan sesuatu untuk masyarakat.

Sumber: Tempo.co

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI