Sukabumi Update

Tips Membangun Komunikasi dengan Anak Remaja

SUKABUMIUPDATE.com -  Masa remaja adalah masa perkembangan fisik yang pesat, bersama dengan sejumlah perubahan emosional dalam bentuk perasaan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Momen ini tidak hanya bisa menjadi waktu yang membingungkan dan melelahkan bagi anak yang berkembang menjadi remaja, tetapi juga bisa sama mengasyikkan dan membuat frustrasi orang tua.

Seiring usia bertambah, orang tua biasanya kesulitan mencari cara berkomunikasi yang efektif dengan anak remaja. Jika Anda salah satu dari orang tua yang mengalami hal ini, berikut empat cara komunikasi yang efektif dengan anak remaja, dilansir dari Times of India.

Menjadi pendengar yang baik

Ini terdengar sangat mudah. Tetapi, menjadi pendengar yang baik juga berarti mendengarkan tanpa bermaksud menjawab atau menguliahi mereka untuk mengambil sikap yang menggurui.

Jadi, daripada memberi tahu anak remaja apa yang mereka lakukan salah atau tidak benar menurut Anda, pastikan untuk memberi waktu dan ruang dan dengarkan apa yang mereka rasakan. Kemudian, Anda dapat menawarkan masukan dan mengajukan pertanyaan seperti "Jadi, bagaimana kita dapat membuatnya lebih baik?" sehingga meyakinkan mereka Anda benar-benar mendengarkan dan tidak mencoba memperbaiki masalah atau menilai mereka karena membuat pilihan tertentu.

Bagikan anekdot 

Alih-alih melukiskan gambaran anak yang ideal, yang tidak pernah membuat kesalahan, tidak pernah menyontek dalam ujian apa pun, tidak pernah mengesampingkan kelas, dan sebagainya, penting untuk berbagi anekdot masa kecil yang menarik namun dapat dihubungkan dengan anak remaja. Ini akan membantu hubungan Anda tumbuh dan meyakinkan anak remaja ia dapat mempercayai Anda tentang hal-hal tertentu karena Anda dapat memahaminya dengan lebih baik.

Jangan rencanakan obrolan

Para orang tua jangan menunggu naik mobil ke sekolah atau makan malam bersama untuk membangun percakapan. Jika anak remaja terbuka tentang sesuatu, manfaatkan momen tersebut dan cobalah untuk berhenti sejenak pada segala hal jika mungkin untuk membangun pondasi komunikasi yang kokoh.

Jangan banyak bertanya

Meskipun tergoda untuk bertanya apa, di mana, dan mengapa selama percakapan, beri jeda pada hal yang sama mengingat ketakutan remaja untuk dihakimi, pertanyaan Anda mungkin terbukti menjadi jalan buntu percakapan. Sebaliknya, tambahkan masukan dan dengarkan apa yang dikatakan anak. Biarkan anak berbicara, Anda mendengarkan dengan tenang tanpa menghakimi atau bertanya.

Sumber: Tempo.co

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI