Sukabumi Update

Trik Membujuk Anak agar Mau Minum Obat Tablet, Jangan Dipaksa

SUKABUMIUPDATE.com - Kebanyakan obat untuk anak-anak berbentuk sirup, tapi kadang-kadang mereka juga mendapatkan obat dalam bentuk tablet. Bukan hal mudah bagi mereka untuk meminumnya. Kadang-kadang mereka sudah terlanjur takut akan kesulitan menelannya atau merasakan pahitnya.

Jika anak Anda termasuk salah satu yang kesulitan meminum obat tablet, jangan dipaksa. Simak enam trik membujuk mereka agar mau meminumnya, seperti dilansir dari Tempo.co, Kamis, 8 Oktober 2020.

1. Beri jeda

Jika ada 2-3 obat berbeda yang perlu diberikan, beri jeda setidaknya 5-10 menit di antara masing-masing obat. Menelan semua obat tablet sekaligus akan sulit bagi anak.

2. Menyamarkan

Cara terbaik untuk membuat anak memakan obatnya adalah dengan menyamarkannya. Pilih makanan apa saja yang disukai anak dan sembunyikan obat di dalamnya. Bisa berupa es krim, jus, atau makanan lainnya. Dengan cara ini Anda dapat lebih mudah memberi anak obat tanpa menimbulkan banyak keributan.

3. Tawarkan hadiah

Anda bisa menjanjikan anak camilan favoritnya jika dia menghabiskan obatnya. Hadiah lain seperti bermain video game atau menikmati makanan pilihannya juga bisa menjadi pilihan yang cukup baik untuk merayu anak agar meminum obat.

4. Pura-pura

Agar anak percaya bahwa obatnya enak, Anda juga bisa bertindak pura-pura. Bertingkahlah seolah Anda memakan obat itu terlebih dahulu lalu memasang wajah yang menunjukkan betapa enak obat itu. Setelah ini, segera buat anak Anda memakan obat tersebut dan meminumnya. Hal ini akan mengurangi waktu anak untuk berpikir apakah rasanya tidak enak atau tidak.

5. Tambahkan rasa

Anda juga bisa menambahkan sedikit rasa yang harum pada obat untuk menutupi rasanya. Letakkan tablet di sendok lalu tambahkan beberapa tetes cokelat atau sirup stroberi di dalamnya. Ini tidak hanya akan menarik perhatian anak tetapi juga membuatnya menelannya dengan cepat. Pastikan berkonsultasi dengan dokter sebelum mencampur tablet dengan sirup gula.

6. Jadikan bubuk

Cara paling klasik adalah menghancurkannya jadi bubuk. Pecahkan tablet besar menjadi dua atau bubuk. Obat dalam bentuk bubuk mungkin rasanya pahit tetapi akan dengan mudah masuk ke tenggorokan balita dengan bantuan air.

Sumber: Tempo.co

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI