Sukabumi Update

Selain Teh Jahe, 5 Jenis Teh Ini Mampu Redakan Perut Sakit dan Mual

SUKABUMIUPDATE.com - Perut yang tak nyaman dan mual bisa jadi merupakan efek samping stres, kehamilan, mabuk perjalanan, atau penyakit fisik lainnya. Apa pun penyebabnya, membuat mereka pergi secepat mungkin biasanya merupakan reaksi langsung. Jika Anda ingin meredakan gejalanya dengan pengobatan alami, teh mungkin bisa membantu.

"Mual adalah gejala yang biasa ditemui dengan daftar luas kemungkinan penyebabnya," kata sebuah studi Therapeutic Advances in Gastroenterology. "Ini telah didefinisikan sebagai 'perasaan subjektif tanpa rasa sakit yang tidak menyenangkan bahwa seseorang akan segera muntah.'" Seperti dilansir dari laman Mind Body Green, menurut penelitian, beberapa kemungkinan penyebab tersebut termasuk pengobatan, kemoterapi, gangguan gastrointestinal, migrain, kegelisahan, depresi, mabuk, morning sickness atau kehamilan dan gangguan tiroid.

Ada beberapa lagi, dan siapa pun yang tidak yakin apa yang mungkin memicu mual mereka harus mencari dokter atau ahli gastroenterologi untuk mendapatkan jawaban. Jika gejalanya ringan, cukup menyeduh secangkir teh hangat bisa membantu.

Berikut ini  5 teh terbaik untuk sakit perut

1. Teh jahe

Jahe biasanya digunakan untuk meredakan ketidaknyamanan perut, termasuk mual. Seiring dengan sifat anti-inflamasi, ahli diet integratif Ali Miller, R.D., L.D., CDE, sebelumnya mengatakan jahe mengandung fungsi antiemetik dan karminatif, yang membantu dalam pemecahan gas dan mendukung pergerakan usus. Sebuah studi tahun 2016 menyebutkan khasiat tersebut antara lain dapat membantu mengurangi rasa mual selama kehamilan dan kemoterapi.

Jadi, ya, ada alasan Anda dulu mendambakan jahe saat Anda sakit, tetapi ahli diet terdaftar Jess Cording, MS, RD, CDN, mengatakan bahwa mengonsumsi jahe dalam bentuk soda ternyata bisa mengacaukan kadar gula darah dan meningkatkan ketidaknyamanan pada lambung. 

2. Teh peppermint

Minyak peppermint juga telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian untuk mengurangi sakit perut, gas, dan diare pada pasien dengan sindrom iritasi usus besar. Sementara penelitian tidak melihat teh peppermint, para peneliti mengakui bahwa teh peppermint mengandung minyak esensial mint dan tidak diketahui memiliki efek samping.

Selain itu, "Mint tampaknya mengendurkan sistem pencernaan, meningkatkan pencernaan secara keseluruhan," ahli diet terdaftar Isabel Smith, R.D., CDN, sebelumnya mengatakan. Semua manfaat gastrointestinal ini dapat membantu meredakan perasaan mual dan ketidaknyamanan perut.

3. Teh chamomile

Kebanyakan orang beralih ke teh chamomile ketika mereka membutuhkan bantuan untuk tidur, tetapi manfaatnya melebihi waktu tidur. Sebuah studi menyatakan, "Chamomile telah dinilai sebagai pelemas pencernaan dan telah digunakan untuk mengobati berbagai gangguan pencernaan termasuk perut kembung, gangguan pencernaan, diare, anoreksia, mabuk perjalanan, mual, dan muntah."

4. Teh adas

Mirip dengan peppermint dan chamomile, Smith pernah berkata, "Adas meringankan otot saluran pencernaan." Hal ini membuat teh adas bermanfaat untuk mengurangi kembung tetapi juga mual. Faktanya, satu uji coba terkontrol secara acak menemukan teh adas dapat membantu mengurangi intensitas mual saat menstruasi.

5. Teh licorice

"Akar licorice banyak digunakan sebagai pemanis dalam banyak makanan dan minuman, tetapi meskipun rasanya enak, ia juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan," kata ahli Ayurveda dan guru kelas mbg Sahara Rose. Salah satu manfaatnya, menurut penelitian, adalah kemampuannya untuk mengurangi gejala gangguan pencernaan dan mual.

Sumber: Tempo.co

Editor : Koko Muhamad

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI