Sukabumi Update

16 November, Masyarakat Dunia Peringati Hari Toleransi Internasional

SUKABUMIUPDATE.com - Setiap tahunnya, masyarakat dunia merayakan Hari Toleransi Internasional yang diperingati tanggal 16 November. Laman ensiklopedia bebas Wikipedia menyebutkan, International Day for Tolerance atau Hari Toleransi Internasional ini diperingati sejak tahun 1995, dengan tujuan menumbuhkan kesadaran publik terhadap bahaya intoleransi.

Mengutip Suara.com, Hari Toleransi ini diadakan mengingat meningkatnya ekstremisme kekerasan dan konflik yang semakin meluas di dunia. United Nations menyebutkan, Hari Toleransi Internasional ini diperingati untuk memperkuat toleransi dengan memupuk rasa saling pengertian di antara budaya dan masyarakat.

Sejarah Hari Toleransi Internasional

Peringatan Hari Toleransi ini dideklarasikan pertama kali oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Pada 16 November 1995 silam, Negara Anggota UNESCO mengadopsi Deklarasi Prinsip Toleransi dan menandainya sebagai Tahun Toleransi PBB Bangsa dan ulang tahun ke-125 kelahiran Mahatma Gandhi. 

Kemudian pada tahun 1996, Majelis Umum PBB mengundang negara-negara yang menjadi anggota PBB untuk memperingati Hari Toleransi Internasional pada tanggal 16 November.

Deklarasi Prinsip Toleransi tersebut menegaskan, bahwa toleransi menjadi penghormatan dan penghargaan terhadap keragaman budaya dunia yang kaya, bentuk ekspresi, serta cara kita menjadi manusia.

Deklarasi tersebut menggolongkan toleransi tidak hanya sebagai kewajiban moral saja, tetapi juga sebagai persyaratan politik dan hukum bagi individu, kelompok, maupun negara.

Toleransi juga mengakui hak asasi manusia universal dan kebebasan fundamental orang lain. Inilah yang membuat negara harus menyusun Undang-Undang untuk memastikan kesetaraan perlakuan dan kesempatan bagi seluruh kelompok dan individu masyarakat.

Keberagaman agama, bahasa, budaya, serta etnis di dunia bukanlah dalih untuk konflik, maka kita semua perlu memberlakukan sikap toleransi kepada seluruh manusia.

Ingat pesan ibu: Wajib 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun). Redaksi sukabumiupdate.com mengajak seluruh pembaca untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap kegiatan.

Sumber: Suara.com

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI